Pasukan Irak Siap Bergerak Ke Mosul

Posted on
loading...

Arbil, Irak (Akulagi.com) – Pasukan elit Irak bersiap bergerak ke Mosul pada Selasa (1/11), setelah perdana menteri memperingatkan para ekstremis yg menguasai kota tersebut buat menyerah atau mati.

Pasukan dari Counter-Terrorism Service (CTS) Irak bertempur melawan ISIS di Gogjali, sebuah desa di tepi timur Mosul yg mereka capai pada Senin.

Meski mulai langsung dapat memasuki Mosul, yg dikuasai ISIS beberapa tahun lalu, CTS kemungkinan harus menunggu agar unit yang lain bisa menyusul sebelum melakukan pergerakan bersama ke kota itu.

“Kami sedang bergerak maju di Gogjali,” ungkap staf Lentnan Jenderal Abdelwahab al Saadi, seorang pewira senior CTS, kepada kantor berita AFP.

“Pergerakan selanjutnya menuju Al Zahra dan Al Karama di timur Mosul,” katanya tanpa merinci kapan mereka mulai bergerak ke sana.

Bagi “Resimen Mosul” CTS, yg bertempur buat menuju kota itu, pengambilalihan adalah persoalan kebanggaan.

Mereka yg terakhir mundur saat ISIS merebut kota itu pada 10 Juni 2014 dan mereka ingin menjadi yg pertama yg mendapatkannya kembali.

Suara Kolonel Mustafa al-Obeidi terdengar lewat radio ketika orang-orangnya hati-hati bergerak maju melewati  Bazwaya, sesuatu desa di timut Gogjali, Senin, meluncur di sepanjang dinding dan memindai jalanan kosong sambil mengangkat senjata.

“Mereka pergi, para ekstremis pergi ke Mosul,” kata Obeidi.

Didukung bantuan koalisi pimpinan Amerika Serikat dari udara dan darat, puluhan ribu petempur Irak berkumpul di Mosul di dua front berbeda dalam operasi militer terbesar di negara tersebut dalam dua tahun terakhir.

Menyerah atau Mati

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi muncul di televisi pemerintah pada Senin mengenakan seragam kamuflase.

“Kita mulai mengepung (ISIS) dari segala tempat,” katanya.

“Mereka tak milik jalan keluar, mereka tak mulai mampu lari, mereka cuma mampu menyerah–mereka dapat menyerah atau mati.”

Saat ini kelompok ISIS masih milik rute buat melarikan diri, ke barat menurut wilayah yg dikendalikan ISIS di negara tetangga Suriah.

Pasukan paramiliter dari Hashed al-Shaabi, organisasi payung yg didominasi milisi Syiah yg didukung Iran, sudah maju di utara dalam upaya memotongnya tetapi mereka masih bergerak ke sana.

Mereka tak segera menuju Mosul, tetapi memutuskan pandangan pada kota Tal Afar.

Hashed pada Senin menyatakan sudah merebut kembali sejumlah desa dalam pergerakan mereka. Pemimpin mereka menyatakan bahwa mereka tak bermaksud memasuki Mosul, yg mayoritas berpenduduk Sunni, namun komandan di darat ingin bertempur di dalam kota.

Di sisi utara dan timur Mosul, pasukan peshmerga dari daerah otonomi Kurdish sudah mengambil alih sejumlah desa dan kota dan mengonsolidasikan posisi mereka.

Ke selatan, pasukan federal yg didukung unit artileri koalisi di markas penting Qayyarah, telah bergerak maju ke utara. Mereka mencakup banyak wilayah darat dan masih jauh dari batas selatan Mosul.

Fase awal operasi, di mana puluhan desa dan dua kota berhasil direbut kembali dari ISIS, masih berjalan.

Jika selesai, pasukan Irak ditargetkan mengepung Mosul, berusaha membuka koridor aman buat sejuta lebih warga sipil yg diyakini masih ada di dalam kota, dan masuk ke kota buat bertempur mati-matian melawan kelompok ISIS.

Organisasi-organisasi kemanusiaan berjuang melawan waktu buat membangun kapasitas guna menangani eksodus dari kota itu.

Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan sampai jutaan orang dapat mengungsi dalam dua minggu mendatang.

Lebih dari 17.900 orang telah meninggalkan rumah mereka sejak operasi akan menurut International Organisation for Migration.

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Pasukan Irak siap bergerak ke Mosul

Kata Kunci Banyak Di Cari

cara membuat stikman dari kertas,video baru pertempuran mosul,fotovespa peti jenasah,foto liang memek anak smp di colok pake tangan,foto bergerak ayunan,donwload gambar yang bergerak animasi rizky febian,dawnload ayunan bergerak,cara mmbuat gambar ayunan bergerak,cara memperbaiki blackberry menu gerak gerak sendiri,cara balut hamper makanan ringan kreatif,
Loading...
loading...