Omega 3 Untuk Halau Alzheimer

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Asam lemak omega-3 tidak jenuh dari ikan dapat menghalau amiolid-beta peptida, salah sesuatu pemicu munculnya penyakit Alzheimer, menurut sebuah studi dari Universitas Macau.

Studi yg dipublikasikan dalam jurnal FASEB itu memperlihatkan bahwa asam lemak omega-3 tidak jenuh mampu meningkatkan fungsi sistem glymphatic–berfungsi membersihkan “limbah” di otak, yakni zat kimia berbahaya sisa metabolisme tubuh ketika beraktivitas.

Bila limbah otak yg terdiri dari amiloid-beta dan protein menumpuk maka dapat memicu perkembangan penyakit Alzheimer, parkinson, dan gangguan neurologis lainnya.

Untuk sampai pada kesimpulan itu, para peneliti mengggunakan tikus transgenik sebagai objek ujicoba, bagi menyelidiki efek dari asam omega-3 tidak jenuh pada fungsi sistem glymphatic.

Hasil percobaan menemukan bahwa pada terjadi peningkatan fungsi sistem glymphatic, termasuk amiloid-beta dari otak.

Sementara itu, pada tikus lain, peneliti memberikan minyak ikan kaya kandungan omega-3 dan menemukan peningkatan fungsi sistem glymphatik pada tikus itu.

Omega-3 menolong mempertahankan homeostasis otak–kemampuan tubuh beradaptasi dengan lingkungan internal dan eksternal yg senantiasa berubah. Kemampuan ini berperan menghalau sejumlah penyakit neurologis, seperti penyakit Alzheimer, cedera otak traumatis, dan tidur gangguan, antara lain. Demikian seperti dilansir Indian Express. 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Omega 3 untuk halau Alzheimer

Kata Kunci Banyak Di Cari

membersihkan kamera bhs inggris,
Loading...
loading...