Jeda Waktu Yang Disarankan Untuk Konsumsi Obat Sebelum Dan Sesudah Makan

Posted on
loading...

Jakarta, Ada obat yg harus diminum sebelum dan sesudah makan. Namun, sebenarnya berapa lama jeda antara waktu minum obat dan makan yg dianjurkan?

Menurut Staf Clinical Research Supporting Unit (CRSU) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr J Hudyono MS, SpOk, MFPM. Jika aturannya sesudah makan, tidak persoalan obat dikonsumsi segera setelah makan.

“Tapi kalau sebelum makan, umumnya setengah jam sebelum makan,” kata dr Hudyono di sela-sela Pfizer Journalist Class ‘Konsumsi Obat yg Aman, Hindari Obat Palsu’ di Almond Zucchini, Prapanca, Jakarta Selatan, Senin (31/10/2016).

Baca juga: Obat Sisa Disimpan di Kulkas, Adakah Bahayanya?

Mengapa? Dengan jeda waktu 30 menit sebelum makan, diperhitungkan penyerapan obat lebih baik. Meskipun, ada pula obat yg tak boleh dikonsumsi dalam keadaan perut kosong karena mampu memicu mual.

dr Hudyono menekankan, perhatikan lagi aturan minum obat tersebut. Jika memang harus dihabiskan, misalnya antibiotik, maka habiskan meskipun merasa dirinya telah sembuh. Nah, seandainya obat sisa hendak disimpan, perhatikan anjuran suhu penyimpanannya. Pada macam obat sirup, mampu disimpan maksimal 6 bulan seandainya tak ada perubahan warna, bau, atau rasa.

Apalagi, saat disentuh tangan, ada risiko kontaminasi pada leher obat. Pada obat strip atau kapsul, mampu disimpan sampai tanggal kedaluwarsa tapi jangan dikonsumsi seandainya ada perubahan warna, bentuk, dan bau.

Baca juga: Peneliti Sebut Keseringan Konsumsi Obat Ini Tingkatkan Peluang Gagal Jantung

(rdn/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Jeda Waktu yang Disarankan untuk Konsumsi Obat Sebelum dan Sesudah Makan

Kata Kunci Banyak Di Cari

cara menghilangkan obat smoothing pada rambut,obat yarindu,obat jerawat dari ivan gunawan,efek obat yarindo,cara bikin obat tidur dari asap,cara menghilangkan efek obat eximer,cara cepat menghilangkan obat keriting,cara membuat obat bius hirup,artikel mematikan pohon pisang,menghilangkan obat smoothing di rambut,
Loading...
loading...