Gempa 6,5 Pada Skala Richter Guncang Italia Tengah

Posted on
loading...

Roma (Akulagi.com) – Gempa bumi dengan kekuatan 6,5 pada Skala Richter mengguncang Italia Tengah pada Ahad pagi, sehingga tidak mengurangi kerusakan gereja dan gedung bersejarah setelah gempa selama sesuatu minggu belakangan.

Gempa tersebut mengguncang Kota Kecil Norcia, kota Abad Pertengahan yg terkenal di Umbria di Italia Tengah, pada pukul 07.40 waktu setempat (13.40 WIB), kata Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad malam. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer, kata Lembaga Geofisika dan Vulkanologi Nasional Italia (UNGV).

Itu adalah gempa paling kuat yg tercatat di Italia sejak 1980, saat gempa serupa menghancurkan Daerah Irpinia di Napoli Tenggara, kata ahli INGV.

Belum ada laporan mengenai korban jiwa pada Ahad. Sejauh ini, sembilan orang sudah cedera, sesuatu luka parah, di Kota Kecil Norcia, Tolentino dan Cascia, kata Fabrizio Curcio, Kepala Perlindungan Sipil Italia.

“Ini adalah penilaian sementara. Awak darurat kita sedang memeriksa seluruh desa kecil di daerah yg terpengaruh,” kata Curcio kepada media lokal.

Beberapa bangunan ambruk di Norcia dan daerah yang lain yg terpengaruh, sementara banyak gedung yg diguncang oleh beberapa gempa bumi pada awal minggu lalu, termasuk peninggalan Abad Ke-14 San Benedetto Basilica di Norcia, nyaris rata dengan tanah. Catherdal of Santa Maria Argentea juga ambruk selama gempa itu.

Gempa bumi tersebut juga mengakibatkan gangguan di banyak jalan di Italia Tengah. Satu jalan bebas hambatan penting yg menghubungkan Roma dengan daerah yg terpengaruh terputus selama dua jam akibat tanah longsor, dan sebagian jalan provinsi tidak mampu dilewati, sehingga menimbulkan kesulitan buat upaya pertolongan. Beberapa desa seperti Castelsantangelo sul Nera ditutup sepenuhnya setelah gempa tersebut.

Enam pesawat dikerahkan bagi operasi darurat, dan seluruh tim pencarian dan pertolongan disiagakan di tingkat nasional, kata kepala perlindungan sipil itu.

Guncangan terasa sangat kuat di Ibu Kota Italia, Roma, sekitar 175 kilometer di sebelah barat-daya pusat gempa, tempat dua orang berhamburan ke jalan, dan layanan metro dihentikan.

Gempa juga terasa sampai di Kota Bolzano di Italia Utara di perbatasan dengan Austria, sekitar 600 kilometer jauhnya, dan di Wilayah Puglia Selatan, kendati tak terlalu kuat.

Italia Tengah dilintasi oleh rantai Pegunungan Apennine, dan dipandang sebagai wilayah seismik tinggi. Negara tersebut sudah tidak jarang diguncang gempa sejak 24 Agustus, saat gempa dengan kekuatan 6,0 pada Skala Richter mengguncang Italia Tengah, dan menewaskan 298 orang.

Pada 26 Oktober, beberapa wilayah Italia diguncang oleh gempa lebih kecil dengan kekuatan 5,5 dan 6,1 pada Skala Richter.

(Uu.C003)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Gempa 6,5 pada Skala Richter guncang Italia tengah

Kata Kunci Banyak Di Cari

Dunia keramik harga super itali kw 3,arti gempa 18november,prediksi gempa sumatra 2017,gempa vulkanik sering melanda daerah,garskin marc maequez young 1,dampak bigo live pdf,cerita seram di lampung,cara membuat slime italia,cara membuat gempa di minecraft,cara mangetahui episenter,
Loading...
loading...