Catatan Pendek Penampilan ERK Di Synchronize Fest

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Waktu memperlihatkan sekira pukul 21.50 WIB pada hari ketiga festival musik Synchronize Fest di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (30/10), namun area penonton panggung District Stage telah dipenuhi orang-orang yg memilih duduk-duduk meskipun jadwal tampil Efek Rumah Kaca masih terpaut sekira menit lagi.

Mereka tentu tidak mau kehilangan kesempatan bagi memperoleh tempat senyaman mungkin dalam menyaksikan band yg digawangi Cholil Mahmud, Adrian Yunan Faisal, Akbar Bagus Sudibyo dan Poppie Airil tersebut.

Sementara jajaran tim panggung ERK sibuk mengurusi kabel-kabel segenap instrumen dan mikrofon di atas panggung yg masih berhiaskan kertas bertuliskan “LINE CHECK”, para penonton memilih berbincang-bincang memastikan kedatangan sang vokalis, Cholil, ke penampilan tersebut.

Sebelumnya, lewat akun media sosial berbagi foto miliknya, Cholil, yg ketika ini tengah menetap di Amerika Serikat bersama istrinya Irma Hidayana dan anak tunggal mereka Angan Senja, mengunggah foto jadwal Synchronize Fest hari ketiga.

“Malam ini jam 22.15 #synchronize @sebelahmata_erk di district stage, spesial komplit pake telorrrrr,” demikian caption yg dituliskan Cholil buat mendampingi foto yg diunggahnya sekira pukul 13.00 WIB, Minggu (30/10), tersebut.

Benar saja, sekira pukul 21.55 WIB rombongan para personel ERK datang dan tersempil di antaranya Cholil yg sempat berhenti sejenak melayani permintaan tanda tangan dari salah seorang penggemarnya.

Masuknya rombongan personel ke area penampil di samping panggung seolah menjadi aba-aba agar para penonton berdiri dan menimbulkan kerumunan padat di depan panggung, meskipun Cholil dkk belum memamerkan tanda-tanda bakal keluar.

Tepat pukul 22.15 WIB, keempat personel menaiki panggung ditemani beberapa pemain pendukung, Dito Buditrianto pada gitar dan Agustinus Panji Mardika pada terompet.

ERK membuka penampilan mereka dengan “Menjadi Indonesia”, sebuah nomor yg berasal dari album kedua mereka, “Kamar Gelap” (2008).

Lautan suara membahana saat memasuki bagian chorus dan semua pengunjung dengan fasih merapalkan bagian tersebut, “Lekas bangun dari tidur berkepanjangan. Menyatakan mimpimu. Cuci muka biar kelihatan segar. Rapihkan wajahmu. Masih ada cara menjadi besar. Memudakan tuamu. Menjelma dan menjadi Indonesia.”

Pemandangan tersebut, berlangsung hampir di setiap lagu yg dimainkan ERK sepanjang penampilan mereka sebagai penampil pamungkas District Stage Synchronize Fest itu.

Memasuki lagu kedua, “Sebelah Mata”, Adrian mengambil alih peran sebagai vokalis penting melantunkan lirik demi lirik yg memang menceritakan keadaan yg menimpa indera pengelihatannya akibat penyakit langka yg dideritanya itu. Belakangan Adrian juga menjadi vokalis penting pada nomor “Hujan Jangan Marah”.

Serampung “Sebelah Mata”, tiga penyanyi latar Wisnu Adji, Nastasha Abigail dan Monica Hapsari beserta keyboardist Muhammad Asranur naik ke panggung demi memainkan “Biru”, trek kedua dari album ketiga mereka “Sinestesia” (2015).

Formasi tersebut boleh dibilang hampir lengkap selayaknya formasi penting Konser Sinestesia yg mereka gelar di awal tahun 2016 silam, seandainya Irma dan Andi Hans Sabarudin hadir.

“Tahun 2009 kalian juga bermain ketika Demajors mengadakan Synchronize Fest pertama di eX,” ujar Cholil bercerita di sela-sela mengenang penampilan mereka sebagai sesuatu dari 13 penampil di dedengkot festival musik Synchronize Fest pada 2009 silam.

ERK dengan pintar bergantian memainkan nomor-nomor dari tiga album mereka, yg dimainkan selepas “Biru” secara berurutan “Kau dan Aku Menuju Ruang Hampa”, “Hujan Jangan Marah”, “Jingga”, “Di Udara” dan “Putih”.

Nomor “Di Udara” disambut dengan kepalan tangan yg diangkat para penonton di tiap bagian chorus dinyanyikan sembari koor berjamaah berkumandang melantunkan lagu yg diangkat dari kisah pegiat Hak Asasi Manusi, Munir Said Thalib, yg dibunuh oleh intelijen negara.

Gilang Galiartha:
ERK lantas memainkan lagu teranyar mereka yg dikeluarkan sebagai single pada Agustus lalu, “Merdeka”, meskipun sebagian besar kerumunan penonton cenderung dingin menanggapi nomor yg mungkin masih terdengar asing di telinga mereka itu.

Beruntung “Merdeka” tidak dijadikan ERK sebagai nomor penutup, karena penampilan mereka mulai menjadi antiklimaks seandainya itu terjadi.

Yang mereka pilih sebagai nomor penutup adalah lagu wajib berwarna sendu, “Desember”, yg diikuti dengan lantunan berjamaah terutama pada bagian “Sampai nanti saat hujan tidak lagi meneteskan duka, meretas luka. Sampai hujan memulihkan luka,” dan lirik penutup “Seperti pelangi setia menunggu hujan reda.”

Kehadiran Agustinus Panji Mardika juga terasa benar dalam penampilan “Desember” itu, sebab ia mengambil alih bagian solo dari yg versi aslinya diisi oleh petikan gitar Cholil menjadi tiupan terompetnya. Cholil dkk telah hampir meninggalkan panggung saat seorang panitia memberikan pertanda bahwa mereka boleh memainkan sesuatu lagu lagi, demi menjawab teriakan kerumunan penonton yg menagih penampilan tambahan.

“Kuning”, lagu yg memang menjadi trek penutup di album ketiga mereka, dipilih menjadi lagu tambahan penampilan yg memang telah disiapkan ERK di dalam daftar lagu mereka yg kertasnya terus menjadi incaran para penggemar berat dalam konser-konser.

Meski berdasarkan jadwal cuma diberi kesempatan tampil selama 45 menit, ERK akhirnya tampil lebih dari sesuatu jam lamanya dengan memainkan tidak kurang dari 11 lagu. Wajar, mengingat empat nomor yg berasal dari album ketiga mereka saja masing-masing berdurasi di atas 10 menit.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Catatan pendek penampilan ERK di Synchronize Fest

Kata Kunci Banyak Di Cari

kata2 anak pondkn dengn anak kekinian,http://akulagi com/Berita-lirik-lagu-menyindir-teman,cara mengganti nama unipack,cd nyeplak,download lagu berlari lari di taman mimpiku imajinasi,tanda jika akun line diblokir,download video ank smp cara membuat anak di kamar,downlod video erk synchronizefest,dp tali bh,dudel batu bara,
Loading...
loading...