Anak Uring-uringan Ketika Tak Pegang Gadget? Tandanya Sudah Kecanduan

Posted on
loading...

Jakarta, Kecanduan gadget dapat berdampak pada tumbuh kembang anak. Pakar menyampaikan bagi mencegah anak kecanduan gadget, orang tua harus tahu gejalanya.

dr Kristiana Siste, SpKJ, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – RS Cipto Mangunkusumo, menyampaikan gejala anak kecanduan gadget dapat dilihat dari beberapa hal. Yakni gejala pre-okupasi dan perubahan mood yg terjadi.

“Pre-okupasi itu saat bangun tidur yg dicari gadget, kalau nggak main gadget gelisah. Sedangkan perubahan mood misalnya nggak main gadget dia marah, uring-uringan hingga tantrum,” tutur dr Siste, dalam seminar parenting class di RSU Bunda Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/2016).

Selain pre-okupasi dan perubahan mood, gejala yang lain yg harus diwaspadai orang tua adalah kebutuhan penggunaan gadget dan internet yg semakin besar. Dikatakan dr Siste, hal ini disebut sebagai gangguan toleransi, di mana toleransi anak bagi tak memakai gadget dan internet semakin hari semakin kecil.

Baca juga: Kecanduan Gadget, Anak Bisa Sulit Berkomunikasi Hingga Dewasa

“Jadi awalnya mungkin hanya 2 jam sehari pakai gadget. Lalu tambah jadi 5 jam, 10 jam atau lebih. Dan penambahan jam penggunaannya itu naiknya cepat, nah ini juga mampu jadi gejala kecanduan gadget,” tambahnya lagi.

Dijelaskan dr Siste, kecanduan gadget memiliki definisi penggunaan gadget elektronik dan internet yg tak terkendali. Penggunaan gadget yg tak terkendali ini harus disertai dengan gangguan perilaku, kognisi dan sosial buat mampu dikategorikan sebagai kecanduan.

Bahkan pada perkara yg ekstrem, anak yg kecanduan gadget dapat mengancam bagi bunuh diri. dr Siste menyampaikan pernah menangani pasien dengan perkara kecanduan gadget ekstrem seperti ini.

“Jadi internetnya dimatiin sama ibunya, wifinya juga. Anak ini mengancam buat bunuh diri, dan benar-benar dilakukan. Dia menyayat tangannya sendiri, meski masih tertolong. Tapi ini menandakan kecanduan gadget dan internet dapat berujung pada perilaku ekstrem seperti bunuh diri,” tutupnya.

Baca juga: Sudahkah Anda Beri Stimulasi pada si Kecil Sesering Mungkin? Ini Penting Lho

(mrs/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Anak Uring-uringan Ketika Tak Pegang Gadget? Tandanya Sudah Kecanduan

Kata Kunci Banyak Di Cari

anak anak kecanduan Rey Utami,video bokep anak sma pake masker,
Loading...
loading...