Punya Kondisi Langka, Tangannya Selalu Terkepal Tiap Memegang Sesuatu

Posted on
loading...

Jakarta, Gara-gara cerita sebuah opera sabun, Louise Allen jadi tahu apa yg dialaminya ketika ini. Karakter penting pria dalam serial tersebut mengidap gangguan otot langka yg akrab disebut Myotonic Dystrophy.

Gejala yg paling menonjol adalah tangan Louise yg terus terkunci. Jadi bila ia memegang sesuatu, tangannya seolah-olah menempel pada benda tersebut.

Kondisi ini sejatinya telah dialami Louise sejak umurnya masih 11 tahun. Tetapi ketika itu ia cuma berpikir itu karena cuaca yg dingin. Hingga akhirnya di tahun 2015, saat usianya menginjak 18 tahun, tangannya menjadi lebih tidak jarang terkunci.

“Saya terus kesulitan seandainya ingin membukanya. Durasinya dapat dalam hitungan detik ataupun dua menit,” katanya seperti dilaporkan The Sun.

Di bulan Mei di tahun yg sama, Louise yg penasaran menetapkan mendatangi dokter yg merujuknya bagi menjalani serangkaian tes di St Luke’s Hospital, Bradford. Dua pekan kemudian, gadis yg ketika ini berusia 19 tahun itu dipastikan mengidap MD tipe 1, yg menyerang kaki bagian bawah, tangan, leher dan wajah.

Baca juga: Gadis Kecil yg Lahir dengan Kaki Seperti Katak Ini Akhirnya Bisa Jalan

Louise pun makin tercerahkan begitu menonton serial populer di Inggris bertajuk Coronation Street. Sang karakter, Steve, memiliki gejala yg sama dengannya, bahkan ia mengaku merasakan hal yg sama.

“Saya tahu apa yg dirasakan Steve. Kami sama-sama ketakutan dengan apa yg mulai terjadi nanti,” lanjutnya .

MD biasanya ditandai dengan penurunan kekuatan otot secara progresif, lemah otot dan kontraksi otot secara terus-menerus. Kondisi ini bersifat turunan, jadi ada kemungkinan besar ia mewarisinya dari ayah, ibu atau keduanya.

Menurut dokter, MD tidak mampu disembuhkan, tapi cuma dapat dikendalikan gejalanya. Hanya saja kini ia khawatir seandainya kelak anaknya juga berpeluang mengidap keadaan serupa, yakni sekitar 50 persen.

“Untung aku tetap mampu melakukan rutinitas harian, tapi pada kegiatan tertentu seperti membuka kaleng, aku melakukannya lebih lama,” tuturnya.

Pada waktu tertentu, rahang Louise juga mampu ikut terkunci, misal ketika makan atau berbicara. Tak jarang ia menghabiskan waktu bagi tidur selama 17 jam karena kelelahan, sehingga berdampak pada kehidupan sosialnya.

Louise juga tidak mampu berdiri lama-lama, dan tidak menutup kemungkinan seandainya kelak ia harus bergantung pada kursi roda. “Setidaknya serial itu mampu menolong aku menjelaskan dan menyadarkan banyak orang tentang keadaan kami,” tutupnya.

Baca juga: Idap Distrofi Otot, Wanita Ini Jadi ‘Boneka Barbie Hidup’ di Dunia Nyata (lll/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Punya Kondisi Langka, Tangannya Selalu Terkepal Tiap Memegang Sesuatu

Kata Kunci Banyak Di Cari

kisah slendrina sesungguhnya,sakura selalu dibully,knapa po slalu d buli,
Loading...
loading...