Menpora: Soegondo Djodjopoespito Layak Jadi Pahlawan Nasional

Posted on
loading...

Jakarta – Sudah 88 tahun ikrar sumpah pemuda berkumandang di Indonesia, namun banyak yg belum mengetahui salah sesuatu tokoh di balik lahirnya sumpah pemuda adalah sosok Soegondo Djodjopoespito. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan telah selayaknya Soegondo menjadi pahlawan nasional atas jasa-jasa yg sudah ia berikan.

“Sidang pemuda ini dipimpin oleh Soegondo, rupanya kami belum secara maksimal bagi mendorong beliau sebagai pahlawan. Atas jasa beliau yg mempertemukan perbedaan, aku kira Soegondo layak menjadi pahlawan nasional,” kata Imam di Museum Sumpah Pemuda, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (29/10/2016).

Hal ini disampaikan Imam seusai acara ‘Renungan dan Tasyakuran Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-88 Tahun 2016’ yg diselenggarakan oleh Kemenpora. Imam menambahkan dari pihak Kemenpora bersiap memfasilitasi pihak keluarga Soegondo buat mengajukan sebagai pahlawan nasional.

“Ya nanti caranya dari pihak keluarga almarhum mengusulkan nama Soegondo melewati Kemensos, nanti dari Kemenpora bersiap meng-endorse,” lanjut Imam.

Seperti diketahui, Soegondo Djojopuspito yaitu tokoh pemuda tahun 1928 yg memimpin Kongres Pemuda Indonesia Ke-2 dan menghasilkan Sumpah Pemuda. Kala itu para pemuda setuju dengan trilogi: Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa: Indonesia.

Hingga ketika ini, Soegondo belum mendapat pengakuan Pahlawan Nasional walaupun peristiwa Sumpah Pemuda 1928 terus diperingati secara resmi tiap tanggal 28 Oktober. Tetapi pihak Kemenpora sudah mengabadikan namanya pada Gedung Pertemuan Pemuda sebagai Wisma Soegondo Djojopoespito di Cibubur, Jakarta Timur yg diresmikan oleh Menpora ketika itu, Andi Mallarangeng pada tanggal 18 Juli 2012.
(dkp/rjo)

$(document).ready(function(){ polong.create({ group: 106, appId : 3, target:’bx_polong’ }); });

Sumber: http://news.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Menpora: Soegondo Djodjopoespito Layak Jadi Pahlawan Nasional

loading...
Loading...