Institut Al-Azhar Kutuk Serangan Rudal Al-Houthi Ke Makkah

Posted on
loading...

Kairo (Akulagi.com) – Institut Al-Azhar, lembaga tinggi dunia buat pendidikan Islam Sunni di Mesir, pada Sabtu (29/10) mengutuk dugaan serangan rudal gerilyawan Al-Houthi yg ditujukan ke Kota Suci Makkah di Arab Saudi.

“Ini adalah tindakan keji, pelanggaran serius yg tidak pernah terjadi sebelumnya dan tantangan yg membuat geram oleh mereka yg memiliki agenda sektarian dan berusaha menguasai Dunia Arab,” kata Imam Besar Al-Azhar Ahmed At-Tayyib di dalam sesuatu pernyataan, lapor Xinhua/OANA..

Ia menggambarkan penembakan rudal balistik ke arah Makkah, kota paling suci untuk umat Muslim, sebagai agresi terhadap seluruh prinsip agama, moral dan kemanusiaan, demikian laporan Xinhua.

Koalisi pimpinan Arab Saud pada Kamis (27/10) menyatakan pasukannya mencegat sesuatu rudal balistik yg terbang ke arah Makkah dari Yaman, dan menuduh petempur Al-Houthi menembakkan rudal itu.

Namun juru bicara militer Al-Houthi membantah tuduhan tersebut pada Jumat, dan menyampaikan rudal itu ditujukan ke sesuatu pelabuhan Arab Saudi di Kota Laut Tengah, Jeddah.

Situasi di Yaman sudah memburuk sejak Maret 2015, saat perang meletus antara anggota kelompok Syiah Al-Houthi –yang didukung mantan presiden Ali Abdullah Saleh– dan pemerintah, yg didukung oleh koalisi militer Arab pimpinan Arab Saudi.

Pasukan Saleh dan Al-Houthi menguasai sebagian besar wilayah Yaman Utara, sedangkan pasukan pemerintah menguasai sisa wilayah negeri tersebut, termasuk tujuh provinsi di Yaman Selatan.

Berbagai lembaga kemanusiaan menyatakan perang saudara itu sejauh ini sudah menewaskan lebih dari 10.000 orang, melukai 35.000 orang lagi dan membuat beberapa juta orang kehilangan tempat tinggal.

Gencatan senjata 72-jam yg diperantarai PBB antara Al-Houthi dan koalisi pimpinan Arab Saudi diberlakukan beberapa minggu lalu, tetapi koalisi tersebut menuduh anggota Al-Houthi melanggarnya tidak lama setelah gencatan senjata itu diberlakukan.
(Uu.C003)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Institut Al-Azhar kutuk serangan rudal Al-Houthi ke Makkah

loading...
Loading...