Burung Migrasi Bisa Terbang 10 Bulan Tanpa Henti

Posted on
loading...

Washington (Akulagi.com) – Para ilmuwan sudah lama menyatakan burung layang-layang biasa berukuran sedang yg bermigrasi mungkin menghabiskan sebagian besar hidup mereka bagi terbang, tetapi baru sekarang mereka membuktikan bahwa mereka dapat terbang selama 10 bulan, hampir sesuatu tahun, tanpa mendarat.

“Temuan ini secara signifikan mendorong batasan buat apa yg kami ketahui mengenai fisiologi hewan,” kata penulis penting studi itu Anders Hedenstrom dari Lund University di Swedia dalam sesuatu pernyataan.

“Fase terbang 10-bulan adalah waktu paling lama yg kalian tahu dalam spesies burung apa pun. Ini rekor,” katanya.

Sebelumnya, banyak ilmuwan sudah mendapati burung frigate dan alpine bisa terbang terus-menerus selama tujuh bulan.

Untuk studi itu, para peneliti mengikuti 13 individu burung, dua di antaranya selama beberapa tahun berturut-turut, memakai log mikrodata yg dilekatkan pada masing-masing burung di Swedia Selatan.

Log-log data itu memungkinkan para peneliti menentukan apakah burung berada di udara atau tidak, percepatan mereka, dan di mana saja 
mereka berada setiap waktu setelah meninggalkan tempat perkembangbiakan pada Agustus bagi bermigrasi ke Afrika dan sebelum kembali buat musim perkembangbiakan selanjutnya 10 bulan kemudian.

Hasil penelitian memperlihatkan sebagian burung mendarat sebentar pada malam hari, tidak jarang sepanjang malam. Bahkan meskipun demikian burung-burung itu menghabiskan lebih dari 99,5 persen dari masa migrasi 10-bulan dan hibernasi mereka di udara.

Data dari burung yang lain memamerkan bahwa mereka tak mendarat sesuatu kali pun selama 10 bulan.

Aktivitas terbang burung-burung tersebut seringkali tampak lebih rendah pada siang hari dibandingkan pada malam hari, sangat mungkin karena burung menghabiskan siang hari buat mencari arus udara hangat, kata para peneliti tersebut.

Hedenstrom menyampaikan para peneliti belum mengetahui apakah atau bagaimanakah burung-burung itu tidur tetapi “fakta bahwa dua burung tidak pernah mendarat selama 10 bulan memamerkan mereka tidur ketika terbang”.

Barangkali mereka menemukan waktu buat tidur sebentar selama turun ketika fajar dan senja, katanya sebagaimana dikutip kantor berita Xinhua.

Terlepas dari ongkos energetik tinggi terkait segala penerbangan itu, burung layang-layang juga dapat hidup lebih lama, berbeda dengan pendapat umum yg mengaitkan hidup yg berat dengan mati muda menurut hasil penelitian periset yg dipublikasikan di jurnal Current Biology.(Uu.C003)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Burung migrasi bisa terbang 10 bulan tanpa henti

Kata Kunci Banyak Di Cari

video polwan nadia,vidio polwan nadia,cara bikin gelang burung dara sendiri,jinakin persia medium umur 10bulan,cara merawat pleci gunung karang,pinjam uang di wonosobo,apakah bisa membuat skck tanpa menggunakan akte kelahiran,cara mengetahui usia lovebird,http://akulagi com/Berita-gambar burung garuda di payudara,apakah bisa membuat skck tanpa akta kelahiran,
Loading...
loading...