Tertular TB Hewan, Dokter Ini Sempat Bikin Rencana Sisa Hidup

Posted on
loading...

Jakarta, Dalam meeting Union World Conference on Lung Health yg berlangsung pekan ini tengah dibahas bagaimana menghadapi tuberkulosis (TB) yg disebarkan oleh hewan. TB hewan berbeda dari TB pada umumnya dan penyakit ini diperkirakan menjangkiti lebih dari 100 ribu orang tiap tahun.

Dokter hewan Jonathan Cranston dari Inggris adalah salah sesuatu pasien TB tersebut. Kisahnya mengangkat betapa utama dunia bagi akan menanggapi serius ancaman TB hewan.

Jonathan sendiri yakin bahwa ia terinfeksi pada tahun 2013 dulu saat sedang bekerja di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan. Saat itu ia bekerja mengukur tingkat stress hewan wildebeest (Connochaetes).

Baca juga: Kucing Juga Bisa Sebarkan TB, Ini Buktinya

“Enam pekan (setelah kembali -red) kemudian aku ingat terbangun tengah malam kesulitan bernapas dengan nyeri dada akut. Saya banyak berkeringat membuat piyama dan kasur aku basah,” kenang Jonathan seperti dikutip dari BBC, Sabtu (29/10/2016).

“Sebagai dokter hewan, melihat kembali ke belakang, aku harusnya menyadari apa yg sedang terjadi,” lanjutnya.

Sebelum terinfeksi Jonathan mendeskripsikan dirinya sebagai orang yg fit. Namun saat TB tiba aktivitas normal sehari-hari seperti jalan kaki dengan anjing atau berenang berubah menjadi satu yg sulit dilakukan.

Ketika diperiksa di rumah sakit baru ketahuan bahwa Jonathan memiliki infeksi TB dari bakteri Mycobacterium bovis. TB ini diketahui tiba dari hewan dan lebih berbahaya dari bakteri TB Mycobacterium tuberculosis yg umum menyerang manusia.

“Dengan semua hormat para dokter tak tahu tentang itu dan mereka ragu apa yg harus dikerjakan dengan saya. Mereka akhirnya melakukan protokol TB standar,” kata Jonathan.

TB hewan dari sifatnya memang lebih sulit bagi diobati dari TB biasa. Menggunakan kombinasi obat antibotik yg salah mulai berisiko mendorong infeksi jadi semakin ganas membangun kekebalan terhadap obat.

Jonathan yg terbaring di kasur rumah sakit telah kehilangan 7,5 kilogram bobot tubuhnya. Pada sesuatu titik ia bahkan sempat yakin telah tak ada harapan sehingga membuat rencana sisa hidup.

“Saya menyusun tempat-tempat yg ingin aku kunjungi. Saya senang bepergian menemui banyak hewan… Waktu itu umur aku masih 32 tahun, hidup aku cukup menyenangkan dan berharap dapat lebih lama,” ungkap Jonathan.

Beruntung pada November 2014 setelah melewati berbagai terapi Jonathan akhirnya mampu terbebas dari ancaman penyakit. Ia ingin agar lebih banyak kesadaran selalu ditingkatkan buat TB hewan.

“Perlu ada kesadaran lebih besar tentang TB zoonosis. Sekarang ada momentumnya dan itu adalah satu yg bagus. Perlu lebih banyak riset dikerjakan sehingga penyakit dapat didiagnosis dan diobati dengan cepat,” pungkas Jonathan.

Baca juga: Lebih Sulit Diobati, Waspada Infeksi TB dari Hewan(fds/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Tertular TB Hewan, Dokter Ini Sempat Bikin Rencana Sisa Hidup

Kata Kunci Banyak Di Cari

bokep hewan,cara merawat siamang,http://akulagi com/Berita-video-bokep-hewan,cara musical ly lebih dari 30 detik,gmbr hewan melahirkan,nama pacar kefan steward,tali kur motif hewan,kakak menyusui binatang,cara membuat musical ly lebih 15 detik,cara membuat clay bentuk ketupat,
Loading...
loading...