Pengungsi Suriah Kaget Dapati Masjid Jerman Ajarkan Islam Konservatif

Posted on
loading...

Cologne, Jerman (Akulagi.com) – Hani Salam selamat dari perang saudara di Suriah setelah menempuh perjalanan dari Mesir sampai Eropa di Jerman. Namun dia berubah khawatir begitu mendapati banyak pria-pria berjanggut panjang di masjid dekat tempat tinggalnya sekarang di Cologne, Jerman.

Penampilan pria-pria ini mengingatkan dia kepada Jaish al-Islam, pemberontak islamis yg menduduki kota kelahirannya dekat Damaskus.  Salam (36) berkumis tapi tak berjenggot.

Seorang dari pria-pria berjenggot lebat itu berkata kepada Salam bahwa “muslim yg baik itu memelihara jenggot, bukan kumis.”  Pandangan ini mengingatkan dia kepada ajaran ratusan tahun yg telah ditolaknya.

“Segala hal tentang masjid ini membuat aku merasa tak tenang,” kata dia.

Orang-orang Suriah di Jerman menyampaikan banyak masjid Arab di Jerman lebih konservatif ketimbang negeri asalnya Suriah.

Selama beberapa bulan, lusinan orang Suriah di enam masjid di tiga kota mengaku kepada Reuters bahwa mereka merasa tidak nyaman dengan pesan-pesan amat konservatif di masjid-masjid Arab di Jerman.

Orang-orang muslim lama Jerman ini mengkritik cara para pendatang baru dari Suriah dalam berpakaian dan mempraktikkan ajaran Islam. Beberapa dari pria-pria berjanggut tebal itu menyatakan Alquran harus ditafsirkan kata per kata.

Soal ini menciptakan persoalan di negeri yg belakangan ini dilanda banjir pengungsi yg telah menciptakan konsekuensi politik dan sosial yg dalam. Orang-orang Suriah menyebut ajaran ultrakonservatif di masjid-masjid Arab turut tidak mengurangi ketidakpercayaan warga Jerman terhadap muslim.

Jerman sebenarnya menerima dengan tangan terbuka kaum muslim. Dan sebagian besar dari empat juta penduduk muslim Jerman adalah keturunan Turki. Kaum muslim keturunan Turki berpandangan lebih moderat. Tak cuma Jerman yg nyaman dengan mereka, kaum muslim pendatang dari Suriah juga merasa lebih nyaman beribadah di masjid-masjid berbahasa Turki yg sebagian didanai pemerintah Turki.

Tahun dulu sekitar 890 ribu pencari suaka yg sekitar 70 persen di antaranya muslim, memasuki Jerman. Sepertiganya berasal dari Suriah. Kebanyakan dari mereka tak mau pergi ke masjid-masjid Turki karena tak mengerti bahasa Turki. Mereka lebih memilih sembahyang di mana ada orang yg berbahasa Arab.‎

Tapi di masjid-masjid Arab ini mereka justru menghadapi masalah. Majid-masjid yg kerap kekurangan dana dan mendapat dukungan Arab Saudi dan negara-negara Teluk itu kerap mengajarkan ajaran ultrakonservatif yg menafsirkan Islam secara harafiah, seperti Wahhabisme atau Salafisme.

“Sayangnya benar bahwa mayoritas besar masjid-masjid berbahasa Arab lebih konservatif ketimbang masjid-masjid Turki,” kata Profesor Mouhannad Khorchide yg mengepalai Pusat Teologi Islam pada Universitas Muenster. Ajaran ini menjadi persoalan buat integrasi mereka yg tak konservatif.

Di Cologne, Salam menyampaikan 75 warga yang berasal Suriah tinggal di hotel yg sama bak sebuah keluarga. Dari jumlah itu, cuma seorang wanita berjilbab yg mau sembahyang di masjid Arab terdekat.

“Sekali waktu saat aku ke sana, seorang Salafis menyuruh seorang pemuda Arab pergi karena dia mengenakan celana pendek. Di masjid Turki tak ada yg mempedulikan apa yg Anda kenakan,” kata dia.

Tetapi seorang imam masjid Arab tak peduli dengan perasaan tak nyaman orang-orang Suriah yg tiba ke masjidnya. Dia berkata, “Merupakan kehormatan sudah disebut Salafis. Kami cuma berniat mengajarkan Islam yg murni kepada masyarakat.”

Salam sendiri kini tidak lagi salat di masjid Arab. Dia memilih sembahyang dan salat Jumat di masjid Turki, walaupun dia tak mengerti bahasa Turki yg disampaikan khatib, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Pengungsi Suriah kaget dapati masjid Jerman ajarkan Islam konservatif

Kata Kunci Banyak Di Cari

marshanda keluar islam,slendrina kutuk islam?,song joong ki islam,metro tv hina islam,cerita lucu bela islam,Kontol indonesia anak smp,kontol imut anak smp,garskin islam,fatin bgil pamer cd dan bh,video mesum fuji,
Loading...
loading...