Hidayat Nur Wahid: Usulan Amendemen Untuk Hidupkan Kembali GBHN

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menyampaikan usulan amendemen kelima konstitusi adalah bagi menghidupkan kembali haluan negara yg mirip dengan garis-garis besar haluan negara (GBHN) pada UUD 1945.

“Jika nantinya haluan negara dihidupkan lagi, maka semangatnya seperti UUD 1945,” kata Hidayat Nur Wahid saat menerima Delegasi Gerakan Mahasiswa, Pemuda dan Rakyat Kembali ke UUD 1945 (Gempari) di ruang kerjanya, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat.

Menurut Hidayat, mengatakan aspirasi dibolehkan dan diatur dalam aturan perundangan, yakni aspirasi yg mampu dipertanggungjawabkan.

Menjawab pertanyaan Delegasi Gempari, Hidayat menyampaikan dalam UUD NRI Tahun 1945, ada pasal yg mengatur soal amandemen dan justru diberi ruang yg kuat.

“Dulu dalam UUD 1945 aturan mengenai perubahan UUD itu sangat abstrak,” katanya.

Hidayat menegaskan, MPR ingin menghidupkan kembali haluan negara, setelah menyerap aspirasi dari berbagai elemen masyarakat dan melakukan sejumlah kajian.

Menghidupkan kembali haluan negara, kata dia, berarti MPR RI kembali dalam semangat UUD 1945 sebab aturan adanya GBHN ada dalam UUD 1945.

Perihal, aturan pencabutan mandat Presiden, menurut Hidayat, hal itu diatur secara jelas dalam UUD NRI 1945.

“Syarat-syarat Presiden bisa diimpeachment jelas diatur dalam UUD NRI Tahun 1945,” katanya.

Hidayat juga menyampaikan mulai mengatakan aspirasi dari Gempari pada meeting konsultasi pimpinan MPR RI dan pimpinan fraksi-fraksi di MPR RI.

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Hidayat Nur Wahid: usulan amendemen untuk hidupkan kembali GBHN

loading...
Loading...