Rusia-Barat Tegang, NATO Kirim Pasukan Ke Front Timur

Posted on
loading...

Brussels (Akulagi.com) – Inggris menyatakan mulai mengirimkan pesawat tempur-pesawat tempurnya ke Rumania tahun depan, sedangkan Amerika Serikat berjanji menggelarkan tentara, tank dan artileri di Polandia. Ini adalah penempatan kekuatan militer terbesar NATO di perbatasan Rusia sejak Perang Dingin.

Pada rapat para menteri pertahanan NATO di Brussels yg diadakan pada hari yg sama dengan masuknya beberapa kapal perang berpeluru kendali punya Rusia ke Laut Baltik antara Swedia dan Denmark yg makin memanaskan hubungan Barat-Rusia, Jerman, Kanada dan anggota-anggota NATO lainnya berjanji mengirimkan pasukan.

Di Madrid, kementerian luar negeri Spanyol menyatakan Rusia sudah mengurungkan niat mengisi bahan bakar tiga kapal perangnya di enklaf Ceuta punya Spanyol di Afrika Utara, setelah sekutu-sekutu Spanyol di NATO menyatakan ketiga kapal perang itu mampu digunakan bagi menyerang warga sipil Suriah.

Ketiga kapal perang itu adalah bagian dari armada tempur berisi delapan kapal perang dipimpin kapal induk satu-satunya Rusia Laksaman Kuznetsov yg diperkirakan bergabung dengan 10 kapal perang Rusia lainnya yg telah berlabuh di Suriah, kata para diplomat.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyampaikan penambahan pasukan baru berkekuatan 4.000 tentara di Baltik dan Eropa Timur itu adalah jawaban atas 330.000 tentara Rusia yg ditempatkan di koridor barat Rusia.

“Bulan ini saja, Rusia sudah menggelarkan peluru kendali nuklir Iskander di Kaliningrad dan menunda kesepakatan senjata plutonium dengan Amerika Serikat,” kata Stoltenberg. Dia juga menuduh Rusia selalu mendukung pemberontak Ukraina.

Peluru kendali Rusia itu mampu menghantam sasaran di Polandia dan Baltik dan NATO berusaha menghalau ancaman Rusia itu yg sudah menganeksasi Semenanjung Krimea pada 2014.

NATO berecana membentuk empat kelompok tempur berkekuatan 4.000 tentara awal tahun depan di bawah dukungan 40.000 tentara pasukan reaksi cepat.  Untuk ini Menteri Pertahanan AS Ash Carter menyatakan sebuah gugus tugas siaga tempur berkekuatan 900 serdadu mulai dikirimkan ke Polandia timur, selain tank dan perlengkapan berat lainnya ke penjuru Eropa timur.

“Ini adalah isyarat besar mengenai komitmen AS dalam memperkuat deterens di sini,” kata Carter.

Sementera itu Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon menyampaikan negaranya mulai mengirimkan sesuatu batalion bersiap tempur berkekuatan 800 tentara ke Estonia, ditambah pasukan dari Prancis dan Denmark, akan Mei tahun depan.

Inggris juga mulai mengirimkan kapal induk Typhoon ke Rumania bagi patroli di Laut Hitam, sebagian bagi unjuk dukungan untuk Turki.

“Kendati kalian keluar dari Uni Eropa, kalian mulai berbuat lebih bagi menolong menjaga sayap timur dan selatan NATO,” kata Fallon.

Negara-negara NATO lainnya yg mulai bergabung dalam empat gugus tempur pimpinan AS, Jerman, Inggris dan Kanada mulai ditempatkan di Polandia, Lithuania, Estonia dan Latvia. Kanada mulai mengirimkan 450 tentara ke Latvia buat bergabung dengan 140 serdadu Italia.

Jerman mulai mengirimkan 400-600 tentara ke Lithuania, ditambah pasukan dari Belanda, Norwegia, Belgia, Kroasia dan Luxembourg, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Rusia-Barat tegang, NATO kirim pasukan ke front timur

Kata Kunci Banyak Di Cari

barito timur membara,cr bookep prancis,bigo barat parah,
Loading...
loading...