Pelita Jaya-Hangtuah Melaju Ke Semifinal Perbasi Cup

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Pelita Jaya EMP Jakarta memastikan diri melaju ke semifinal setelah mengalahkan Hangtuah Sumsel dengan skor 67-58 dalam lanjutan pertandingan Grup B Perbasi Cup 2016 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Kamis malam.

Pelita Jaya dan Hangtuah berhasil ke babak perebutan juara setelah menjadi beberapa tim terbaik di grup, dengan perolehan poin yg tak mampu lagi terkejar tim-tim yang lain di Grup B, merupakan Satya Wacana Salatiga, M88 Aspac Jakarta dan Pacific Caesar Surabaya.

“Saya optimistis dengan materi pemain yg ada. Namun kalian mulai melaju bertahap game demi game,” ujar pelatih Pelita Jaya Johannis Winar usai pertandingan, menanggapi kelolosan timnya masuk ke empat besar Perbasi Cup.

Menurut Johannis, prestasi tersebut adalah hasil kerja keras semua pemain, bukan pelatih. Sebab, Pelita Jaya berhasil bermain dengan baik walau persiapan menuju ke Perbasi Cup cuma sekitar beberapa minggu.

Belum lagi tim yang berasal Jakarta itu ditinggal empat pemain pilarnya pasca-IBL 2015-2016 merupakan “shooting guard” Dewanto Dimas Aryo yg pindah ke Hangtuah Sumsel, Andy Chandra serta Andy “Batam” Poedjakusuma yg pensiun dan “shooting guard” Brandon Jawato karena cedera.

Kedatangan pemain baru “shooting guard” Respati Ragil Pamungkas dari Satya Wacana Salatiga memang mampu membawa perubahan positif tapi tetap faktor penentu keberhasilan tim adalah semua pemain.

“Ragil memang besar pengaruhnya. Namun kita tak bergantung kepada sesuatu pemain saja,” tutur Johannis.

Sementara itu, pelatih Hangtuah Sumsel Mario Sanggor menyatakan dirinya merasa senang dapat melangkah ke semifinal Perbasi Cup 2016.

Hangtuah pun memilih buat tampil lepas di empat besar dan menjadi diri mereka sendiri.

“Kami selalu berjuang dengan sistem permainan kami,” kata Mario.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan antara tim Sumsel dan Jakarta itu, Hangtuah mengambil alih pertandingan sejak kuarter pertama.

Dimotori Falando Jones dan Jerrah Young, mereka dapat menciptakan pertandingan ketat bagi Pelita Jaya Jakarta sampai akhirnya Hangtuah unggul dengan skor tipis 15-17.

Di kuarter kedua, Hangtuah memanas dan dapat mengalahkan Pelita dengan skor 35-26. Namun, akan kuartet ketiga, Pelita Jaya bangkit dan mampu mengendalikan keadaan.

Walau tanpa pemain asing, mereka mampu mencetak angka demi angka terutama melalui pemain anyarnya, Respati Ragil Pamungkas. Di sepuluh menit ketiga itu Pelita Jaya pun berbalik memimpin dengan skor 47-44.

Pada kuarter akhir, Pelita berhasil mengunci pertandingan dengan skor akhir 67-58. Respati Ragil Pemungkas menjadi bintang dengan 22 poin dan enam rebounds yg dibuatnya. Nyoman Indrawan menguntit di belakangnya dengan 17 poin dan sembilan rebounds.

Sementara di kubu Hangtuah, Falando Jones menjadi yg terbaik setelah mencetak 22 poin dan delapan rebounds.

Pelita Jaya sendiri mengakui bahwa mereka mengalami banyak kendala di beberapa kuarter awal.

“Awalnya memang kita kesulitan. Akan tapi aku bilang ke pemain agar menjaga fokus dan tetap menjaga ketat pemain asing mereka karena pengaruhnya besar buat Hangtuah,” kata pelatih Pelita Jaya Johannis Winar.

Pelatih Hangtuah Sumsel Mario Ranggor mengakui kekalahan dari Pelita Jaya. Menurutnya, anak asuhnya terkendala stamina.

“Fisik tim agak drop. Selain itu strategi rotasi Pelita Jaya memang lebih bagus,” kata Mario.

Pelita Jaya dan Hangtuah Sumsel pun melaju ke semifinal Perbasi Cup 2016. Kedua klub itu mulai menghadapi Satria Muda dan CLS Knights Surabaya, beberapa terbaik dari Grup A.

Pengumuman siapa melawan siapa di semifinal baru dapat dipastikan Jumat, (28/10), karena Pelita Jaya dan Satria Muda masih memainkan partai terakhirnya di hari itu, masing-masing melawan Satya Wacana Salatiga dan JNE Bandung Utama.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Pelita Jaya-Hangtuah melaju ke semifinal Perbasi Cup

loading...
Loading...