Kebudayaan Minang Kuat Di Negeri Sembilan Malaysia

Posted on
loading...

Padang (Akulagi.com) – Penasehat Sosio-Budaya Kerajaan Malaysia yg juga Presiden Universiti Islam Antarbangsa Malaysia, Tan Sri Rais Yatim menyampaikan bahwa kebudayaan Minangkabau masih kuat dan mengakar di wilayah Negeri Sembilan Malaysia.

“Beberapa pengaruh budaya Minang masih mampu dilihat hingga ketika ini, seperti dalam bidang adat dan pemerintahan, juga dalam bidang bahasa,” katanya di Padang, Rabu.

Ia menjelaskan dua hal yg masih bertahan dalam bidang pemerintahan di Negeri Sembilan hingga ketika ini adalah adanya Undang Yang Empat atau di Minangkabau dikenal dengan sebutan Basa Nan Ampek.

Menurutnya ketika ini Basa Nan Ampek telah tak dipergunakan dalam bidang pemerintahan, sementara di Negeri Sembilan masih ada.

Untuk raja dahulunya di Kerajaan Pagaruyung rajanya dikenal dengan panggilan Yang Dipatuan Basa dan di Negeri Sembilan dikenal dengan sebutan Yang Dipertuan Besar yg menempati posisi sebagai raja dalam konstitusi.

“Pengaruh Minang sebenarnya tak cuma di Negeri Sembilan, di wilayah Sabah malah ada sebuah kampung yg bernama Kampung Tan Duo atau Kampung Sutan Duo,” ujarnya.

Ia menyebutkan hal ini diakibatkan karena besarnya pengaruh para perantau Minang yg dulunya tiba ke Negeri Sembilan atau wilayah Malaysia secara umum.

Senada Ketua Yayasan Pusako Minangkabau Dirwan Ahmad Darwis menyampaikan kebudayaan Minang tak cuma ada dan mengakar di wilayah Sumatera Barat saja, mulai tapi juga merambah ke dua wilayah di Asia Tenggara.

Menurutnya hal ini yaitu salah sesuatu dampak dari tradisi merantau masyarakat Minang yg mana para perantau tersebut dahulunya tetap memakai budaya dan tradisi Minang di tempat mereka merantau.

“Berkembangnya budaya Minang di luar wilayah Sumatera Barat ketika ini tak terlepas dari kontribusi para perantau lalu yg tetap mempertahankan budaya Minang,” katanya.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Kebudayaan Minang kuat di Negeri Sembilan Malaysia

Kata Kunci Banyak Di Cari

ipank meninggal,ipank minang awal jadi artis,biografi ipank,berita tentang meninggalny penyanyi ipank minang,profil ipank,artis minang ipank,asal usul ipank minang,apakah ipank meninggal,apa benar ipank meninggal,apakah ipank artis minang sudah meninggal?,
Loading...
loading...