ISIS Dikepung Militer Turki Dan YPG Kurdi

Posted on
loading...

Ankara, Turki (Akulagi.com) – Pada 24 jam terakhir ini, ISIS digempur beberapa kekuatan sekaligus di Suriah pada ketika bersamaan, merupakan militer Turki dan milisi YPG Kurdi. Gerakan militer Turki di Suriah memasuki bulan ketiga.


Dengan berbekal dukungan tank, tentara khusus dan serangan udara, pasukan pengusung semboyan “Bebaskan Tentara Suriah” itu bergerak menuju Suriah Utara pada 24 Agustus.

Pasukan itu mengambil alih kota Jarablus di perbatasan nyaris tanpa perlawanan dari IS.

Gerakan bernama “Tameng Eufrat” itu menyasar 27 petempur ISIS dan 19 anggota YPG dengan “kendaraan lapis baja”. Kedua kelompok itu dikabarkan kalah karena “tak bisa bermanuver”, kata tentara dalam pernyataan tertulis.

Presiden Turki, Tayyip Erdogan, Sabtu, mengatakan, pasukan Turki mulai menyerang kota al-Bab, yg dikuasai ISIS. Ia menyatakan angkatan bersenjata mulai mengusir pegaris keras dan pejuang Kurdi di Suriah dari wilayah dekat perbatasannya.

Militer Suriah menyampaikan kehadiran pasukan Turki di Suriah tidak mampu diterima dan dianggap sebagai “aksi berbahaya yg mengancam kedaulatan negara”.

Erdogan menyampaikan Turki bersama mitranya di Raqqa, Suriah mulai melakukan apapun yg dianggap perlu. Namun ia menegaskan pihaknya tidak mulai bekerja sama dengan pejuang Kurdi di Suriah.

Saat ini setidaknya beberapa kubu memiliki haluan berbeda dalam mendukung pihak yg berperang di Suriah.

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) tak sepakat dengan keputusan Amerika Serikat mendukung pejuang YPG Kurdi (bahasa Kurdi: Yekeniyen Parastina Gel), militan yg dianggap mitra efektif melawan ISIS.

Turki khawatir keterlibatan YPG mulai menguatkan pengaruh Kurdi di dalam negeri.

Partai Buruh Kurdistan (PKK) dicap teroris oleh pemerintah Turki dan sekutu Barat-nya.  Organisasi itu memberontak tiga dasawarsa hingga menewaskan lebih dari 40 ribu jiwa, sebagian besar korban adalah orang Kurdi. Kerusuhan terjadi di Turki Tenggara, yg banyak dihuni suku Kurdi.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang ISIS dikepung militer Turki dan YPG Kurdi

Kata Kunci Banyak Di Cari

dialog bahasa inggris membuat lemper,gambar konser NDX paling ramai,http//ucnews co/ngentot 3gp,tni ina2016,
Loading...
loading...