Kunjungi Belitung, Pimpinan MPR Sambangi Eks Lahan Tambang Timah Di Bangka

Posted on
loading...

Belitung – Wakil Ketua MPR, Mahyudin mengunjungi kawasan Belitung Barat, Provinsi Bangka Belitung. Tiba di Bangka Mahyudin beserta rombongan segera meninjau pabrik pengolahan Ubi di Desa Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung.

Mahyudin datang di Provinsi Bangka Belitung pada Minggu (23/10/2016). Mengunjungi Bangka, Mahyudin didampingi Sekjen Dewan Pimpinan Nasional-Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPN-HKTI), Erwin Tobing.

Tiba di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Mahyudin beserta rombongan disambut tarian sekapur sirih sebagai tanda selamat tiba khas Bangka Belitung. Dia bersama rombongan segera menuju Desa Jebus di Kabupaten Bangka Barat.

Beranjak ke Pabrik Pengolahan Ubi di Desa Jebus, Kabupaten Bangka Barat, politisi partai Golkar tersebut diajak berkeliling pabrik pengelolaan ubi. Pabrik terpadu yg terletak 110 km dari pusat Kota Pangkal Pinang tersebut berdiri di atas lahan eks tambang timah seluas 75 hektar.

Pabrik yg berdiri di atas lahan bekas tambang timah tersebut terdiri dua macam olahan, antara yang lain pengolahan ubi menjadi tepung tapioka, pengolahan ubi menjadi biogas, tambak ikan lele dan patin, dan persawahan. Dengan hal tersebut Mahyudin berharap daerah Desa Jebus menjadi desa percontohan buat daerah yg yang lain dan menjadi pendorong ekonomi masyarakat Desa Jebus.

“Saya kira ini contoh yg baik. Mudah-mudahan menjadi percontohan daerah-daerah lainnya di Bangka Belitung khususnya yg memang lahannya yg telah rusak karena tambang. Bisa dijadikan nilai ekonomi buat masyarakat Bangka Belitung dan sekitarnya. Khususnya para petaninya,” ujar Mahyudin kepada wartawan di pabrik pengolahan ubi.

Mulyadi, pemilik pabrik mengatakan, pabrik tersebut dibangun sebagai alih fungsi dari penambangan timah menjadi lahan pertanian terpadu. Pabrik pengolahan ubi itu dikelola di bawah bimbingan HKTI Provinsi Bangka Belitung.

“Rencanya ini (pabrik) pupuk tapioka, limbahnya bagi unsur hara tanah. Sisa bolongnya (bekas pengolahan timah) kalian manfaatkan bagi waduk perairan dan percontohan kolam ikan,” kata Mulyadi ketika ditemui di lokasi.

“Sekarang kalian mencoba metode petak sawah dan irigasi. Kita mencoba lalu dengan penanaman rumput gajah kalau dapat nanti kami jadikan tanaman padi,” imbuhnya.

(Hbb/Hbb)

$(document).ready(function(){ polong.create({ group: 106, appId : 3, target:’bx_polong’ }); });

Sumber: http://news.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Kunjungi Belitung, Pimpinan MPR Sambangi Eks Lahan Tambang Timah di Bangka

Kata Kunci Banyak Di Cari

kasus ahok dibangka belitung,squishy yg sudah tidak diproduksi,komik hentai timur tengah,hitungan gaji karyawan di site tambang,harga oppo f1s di bangka belitung,Harga oppo f1 di daerah bangka belitung,gambar tablet advan dan sedang mainan kucing,clay(tepung) asbak,cerita kecelakaan didesa berujung ngewe,cara membuka pabrik squishy,
Loading...
loading...