DPR Apresiasi Respons Cepat Presiden Keluarkan Ampres

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Taufik Kurniawan mengapresiasi respons cepat Presiden Joko Widodo yg langsung mengeluarkan Amanat Presiden terkait Rancangan Undang-Undang Pemilu, yg mulai langsung ditindaklanjuti oleh DPR.

“Pemerintah sudah mengirimkan Draf RUU Penyelenggaraan Pemilu ke Dewan Perwakilan Rakyat pada Jumat (21/10), secara khusus aku mengatakan apresiasi kepada pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo, atas respons cepat dengan mengeluarkan Surat Amanat Presiden bagi kemudian ditindaklanjuti oleh DPR,” katanya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, Dewan Perwakilan Rakyat mulai langsung membacakan Ampres itu di Paripurna kemudian dibahas dalam Rapat Badan Musyawarah (Bamus) bagi disepakati dengan pembentukan Panitia Khusus lintas Komisi ataupun Pansus internal (kecil) di Komisi II.

Taufik menyampaikan hal yg wajar saat pemerintah baru menyerahkan draf RUU Penyelenggaraan Pemilu karena menghabiskan banyak waktu dalam mempersiapkannya agar matang sebelum diserahkan ke DPR.

“Pemerintah betul-betul sudah mempersiapkan segalanya agar RUU Pemilu betul-betul berkualitas, sehingga proses pembahasan dan pengesahan lebih terukur dan terencana mengingat waktu persiapan tahapan Pemilu semakin dekat, merupakan awal 2017,” ujarnya.

Politikus PAN itu menilai banyak poin krusial yg ada di RUU Pemilu, seiring dengan konstelasi politik yg begitu dinamis yg menuntut penyesuaian dalam banyak hal.

Dari sekian banyak poin tersebut, menurut dia, ada dua poin yg ramai diperbincangkan dan hendaknya memperoleh perhatian khusus dari Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat dalam proses pembahasan nanti.

“Pertama, tentang ambang batas parlemen (parliamentary threshold); kedua, sistem terbuka, tertutup atau perpaduan antara keduanya,” katanya.

Dia menjelaskan, poin ketiga, masalah penambahan kursi seiring dengan bertambahnya jumlah wilayah pemilihan.

Menurut dia, poin-poin selebihnya biar proses pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat nantinya mulai memberikan pengayaan dan pemikiran konstruktif karena seluruh buat kepentingan bersama.

“Saya meyakini segala pihak berkepentingan agar pelaksanaan pemilu berjalan baik di masa depan sehingga semangat kebersamaan menjadi poin penting dalam pembahasannya,” ujarnya.

Dia menegaskan, Pemilu adalah hajat bersama, karena itu tak alasan bagi meragukan keseriusan pemerintah maupun Dewan Perwakilan Rakyat dalam pembahasan RUU Pemilu tersebut.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Agus Hermanto menyampaikan Dewan Perwakilan Rakyat sudah menerima draf Rancangan Undang-Undang Pemilu dan Amanat Presiden RUU Pemilu dari pemerintah pada Jumat (21/10) dan mulai langsung ditindaklanjuti.

“Betul telah diterima, tadi diserahkan sekitar jam 15.15 WIB,” kata Agus di Jakarta, Jumat (21/10).

Dia mengatakan, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat mulai mengagendakan Rapat Pimpinan pada Senin (24/10) dan meeting Badan Musyawarah pada Selasa (25/10).

Menurut dia, Ampres RUU Pemilu itu mulai dibacakan dalam Rapat Paripurna pada Rabu (26/10) dan mulai diputuskan apakah dibahas dalam Panitia Khusus atau Panitia Kerja. 

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang DPR apresiasi respons cepat presiden keluarkan Ampres

Kata Kunci Banyak Di Cari

batugana dpr ri,cara dapatkan poin net,cara dapet point di ne connect,harga squishy replika mille,laalaa shinta,
Loading...
loading...