26 Sandera Asia Dibebaskan Setelah Disandera Perompak Somalia

Posted on
loading...

Beijing (Akulagi.com) – Dua-puluh-enam pelaut Asia yg disandera oleh perompak Somalia selama hampir lima tahun sudah dibebaskan, kata Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada Minggu malam (23/10).

Pemerintah Beijing mengatakan terima kasih tulus kepada seluruh lembaga dan personel yg sudah terlibat dalam penyelamatan tersebut dan mengatakan doa sepenuh hati kepada anggota awak kapal yg diselamatkan itu, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying di dalam sesuatu siaran pers.

Semua 26 anggota awak kapal Naham 3 tersebut, kapal penangkap ikan yg dibajak oleh perompak Somalia pada Maret 2012, diselamatkan pada Sabtu (22/10), dengan bantuan lembaga terkait PBB, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

Dua-puluh-sembilan pelaut Naham 3 disandera saat kapal mereka, yg berbendera Oman, dibajak di sebelah selatn Seychelles, termasuk 10 orang dari Tiongkok Daratan, beberapa dari Taiwan, dan 17 lagi dari Filipina, Indonesia, Vietnam serta Kamboja.

Tiga orang tewas setelah pembajakan tersebut, termasuk sesuatu orang dari Tiongkok Daratan dan sesuatu dari Taiwan, kata Hua, sebagaimana dikutip dari Xinhua di Jakarta, Senin.

Setelah menjalani pemeriksaan medis dan penyuluhan kejiwaan, anggota awak berkebangsaan Tiongkok mulai kembali ke rumah mereka dengan pengawalan sesuatu kelompok kerja sesegera mungkin, kata wanita juru bicara tersebut.

Ia juga mengatakan belasungkawa bagi ketiga orang yg tewas setelah pembajakan dan mengatakan simpati kepada keluarga mereka.

Pemerintah Tiongkok dengan keras mengutuk kekejaman perompak Somalia itu, yg tidak mengacuhkan martabat manusia, ia menambahkan.

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang 26 sandera Asia dibebaskan setelah disandera perompak Somalia

Loading...
loading...