Plasenta Akreta Hanya Bisa Sembuh Dengan Angkat Rahim? Ini Kata Dokter

Posted on
loading...

Jakarta, Ketika seorang wanita didiagnosis dengan plasenta akreta, benarkah satu-satunya pengobatan cuma mampu ditempuh dengan operasi angkat rahim?

Menanggapi hal ini, dr Khanisyah Erza Gumilar, SpOG atau dr Erza menjelaskan bahwa pada sebagian besar masalah plasenta akreta, terutama macam inkreta dan perkreta, seringkali memang berakhir dengan tindakan histerektomi alias pengangkatan rahim.

“Hal ini tak bisa dihindari karena perdarahan masif yg mampu terjadi pada waktu operasi (caesar -red-),” tutur dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Divisi Fetomaternal RSU Dr Soetomo Surabaya dan RS Pendidikan Universitas Airlangga tersebut kepada detikHealth.

Ya, plasenta akreta yaitu ketidaknormalan pada keadaan plasenta di mana ia menempel atau bahkan menembus dinding rahim. Apabila plasenta melekat dan menembus terlalu dalam, maka sulit buat dilepaskan. Atas dasar tersebut, maka ibu hamil dengan plasenta akreta tak bisa menjalani persalinan normal dan harus operasi caesar.

Tindakan operasi ini pun mampu jadi kemudian dilanjutkan dengan operasi pengangkatan rahim, akibat komplikasi seperti perdarahan masif. Selain itu, komplikasi yg juga mampu muncul di antaranya cedera kandung kemih dan organ sekitar rahim lainnya, seperti ureter dan usus.

“Ini (histerektomi -red) sebagai bentuk konsekuensi adanya plasenta akreta. Tapi tak seluruh pasien mendapatkan tindakan yg sama, artinya penanganan plasenta akreta masih individual dan personal. Bergantung pada keadaan klinis pasien dan diagnosis pra operasi,” tutur dr Erza.

Ia juga menjelaskan bahwa plasenta akreta biasanya didapatkan pada wanita yg telah pernah hamil, terutama dengan dua faktor risiko seperti milik riwayat operasi caesar, opreasi myoma, kuret dan kelainan rahim bawaan.

“Semakin kadang melakukan hal-hal di atas, maka kemungkinan terjadinya plasenta akreta lebih tinggi. Kemungkinan karena kerusakan pada dinding rahim yg itu tadi, tetapi penyebabnya masih belum diketahui secara jelas,” imbuhnya.

Baca juga: Dianggap Berbahaya, Sampai Saat Ini Penyebab Plasenta Akreta Masih Misteri
http://health.detik.com/read/2016/10/21/160042/3326456/1299/dianggap-berbahaya-sampai-saat-ini-penyebab-plasenta-akreta-masih-misteri?l992203755(ajg/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Plasenta Akreta Hanya Bisa Sembuh dengan Angkat Rahim? Ini Kata Dokter

loading...
Loading...