Yuk Kenali APS, Si Penyebab Keguguran Berulang

Posted on
loading...

Jakarta, Saat ibu hamil mengalami keguguran yg berulang-ulang, salah sesuatu hal yg dicurigai: sindroma antifosfolipid alias antiphospholipid syndrome (APS). Apa itu?

“APS ini yaitu autoimun. Ibu hamil dengan APS mengakibatkan sumbatan di pembuluh darah karena adanya pembekuan darah,” terang dr Gita Nurul Hidayah, SpOG dari RS SamMarie Basra, Pondok Bambu, Jakarta, kepada detikHealth.

Salah sesuatu kriteria penegakan diagnosis APS adalah angka Anti Cardioliphin Antibodies (ACA) yg tinggi. Sebenarnya antibodi utama sebagai sistem kekebalan tubuh, yakni bagi melawan kuman atau virus yg menyebabkan infeksi. Di ketika sistem kekebalan tubuh mengalami gangguan, maka antibodi tersebut mulai menyerang tubuh sendiri.

“Ketika tes lab dan ACA-nya positif juga tak terus pasti APS. Perlu syarat dipenuhi sesuatu gejala klinis dan hasil lab,” imbuh dr Gita.

Kadar ACA juga sebenarnya dapat naik turun. Bisa juga suatu ketika menghilang. Untuk itu disarankan buat tes ulang buat mereka yg pernah terdeteksi ACA-nya tinggi. Tes selanjutnya mampu dikerjakan dalam kurun delapan minggu sejak tes yg pertama dilakukan.

Baca juga: Kenali, Ini Berbagai Penyebab Keguguran

Kata dr Gita, kriteria lab buat menegakkan diagnosis APS yakni:

1. ACA tinggi
2. Lupus antikoagulan tinggi
3. Beta 2 glycoprotein 1 (beta 2 GP1)

“Diceknya 12 kali terulang. Karena ada ACA saja belum tentu APS,” sambung dr Gita.

Sumbatan akibat APS, tambah dr Gita, dapat terjadi di mana saja. Jika sumbatannya terjadi di plasenta maka mulai mengganggu pertumbuhan janin.

“Jika ketika hamil terjadi keguguran berulang sampai tiga kali atau lebih, dulu seandainya janin tampak tak ada perkembangan, mampu jadi gejala klinis APS,” papar dr Gita.

Prof Dr dr Karmel L Tambunan SpPD-KHOM, di media diskusi ‘Waspada Darah Beku’ dua waktu dulu menuturkan akibat pembuluh darah di plasenta yg tersumbat, maka tak ada nutrisi dan oksigen yg diberikan ke bayi. Sehingga, ibu dapat keguguran. Menurut pengalaman Prof Karmel, biasanya usia bayi tidak sampai tiga bulan.

Baca juga: Wanita Ini Berhasil ‘Melawan’ Keguguran dengan Minum Aspirin

Toh ada yg mampu bertahan, biasanya janin mengalami gagal tumbuh bahkan ibu dapat mengalami preeklampsia di trimester ketiga kehamilan.

Pembaca detikHealth yg budiman, apakah Anda pernah milik pengalaman hamil dengan keadaan APS? Yuk ceritakan pengalaman Anda ke [email protected]

(vit/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Yuk Kenali APS, si Penyebab Keguguran Berulang

Kata Kunci Banyak Di Cari

gauri keguguran,apa yang membuat gauri keguguran,Cara membuat tempat bedak bayi dari stik es krim,cersek ibu dan anak gadisnya,download semua video bokep tahun 2009,gauri kegugura,nikita miryani memek bulu halus,
Loading...
loading...