Usia Bertambah, Apa Pengaruhnya Bagi Sel Punca?

Posted on
loading...

Jakarta, Sel punca atau stem cell yaitu sel induk yg potensinya bagi mengobati penyakit sedang ramai dibicarakan. Tentu layaknya sel lainnya, sel punca juga mulai bertambah tua siring bertambahnya umur seseorang.

Lalu, adakah pengaruhnya penambahan usia seseorang pada sel punca yg dimilikinya? Kepala Laboratorium ReGeniC, Yuyus Kusnadi, PhD, menyampaikan berdasarkan penelitian, usia memang memengaruhi potensi regeneratif sel punca. Selain itu, jumlah sel punca yg dimiliki juga mulai berkurang.

“Jadi kalau dari umur, bayi baru lahir milik sel punca yg lebih banyak, 1 di antara 10.000 sel. Namun bertambahnya usia membuat jumlah sel lebih sedikit, kalau telah usia 30 jadi 1 di antara 250.000 dan usia 50 cuma 1 di antara 400.000 sel,” tutur Yuyus, dalam media workshop di Hotel Westin, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jumat (21/10/2016).

Dijelaskan Yuyus, jumlah sel punca yg berkurang seiring bertambahnya umur dipengaruhi oleh dua faktor. Misalnya jumlah radikal bebas yg tinggi akibat kebiasaan merokok atau minum alkohol dan keadaan fisik yg tak prima karena kurang olahraga.

Di sisi potensi regeneratif, memang ditemukan juga adanya penurunan. Dalam penelitian yg dikerjakan Yuyus dan rekan-rekan dari Stem Cell and Cancer Institute, diketahui sel punca yg didapatkan dari tali pusar bayi bekerja lebih baik daripada sel punca yg didapat dari tulang sumsum atau darah tepi orang dewasa.

Baca juga: Dengan Sel Punca, Tulang Rawan yg Rusak Bisa Ditumbuhkan Kembali

“Jadi misalnya, dengan sel punca dari bayi, katakan ada gangguan ginjal atau jantung, nah proses regeneratifnya lebih cepat, dapat sampai 1 minggu. Sementara dengan sel punca dari orang dewasa mungkin mampu 5 hingga 6 minggu,” urainya.

Namun kini ada teknologi yg mampu digunakan buat membuat sel punca dewasa memiliki potensi regeneratif yg sama dengan sel punca bayi. Metode ini dinamakan Induced Pluripotent Stem Cells. Metode ini mengambil sel punca dewasa buat diperbanyak di laboratorium sebelum akhirnya disuntikkan kembali ke pasien.

“Metode ini juga masih dalam penelitian dan masih dikembangkan. Sejauh ini bagus hasilnya namun memang ada laporan yg menyebut metode mampu membuat sel punca yg dimasukkan berkembang menjadi sel kanker,” tutupnya.

Baca juga: Tak Sembarangan, Dosis Terapi Sel Punca Harus Sesuai Kondisi Pasien

(mrs/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Usia Bertambah, Apa Pengaruhnya Bagi Sel Punca?

Kata Kunci Banyak Di Cari

Oke Google buka kreasi dari cara untuk membuat lampion yang sangat indah,free download video cara buat aquarium cantik,Duddle tulisan jaman kerajaan,cara membuat robot sederhana dan digerakan dihp,cara buat stik analog tidak kaku,Cara bikin pk di mini creft,cabe2an yepong bokep,bokep anak smp nosensor,bikisan bunga dari kertas jagung,bb dakota trackpad magnet,
Loading...
loading...