Menkes Libatkan Pramuka Untuk Pantau Jentik Nyamuk

Posted on
loading...

Jakarta, Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek secara resmi mencanangkan Gerakan Bersama Pramuka Pemantau Jentik (Gema Pramantik) sebagai gerakan kesehatan nasional.

Gema Pramantik dicanangkan Menkes dalam acara penutupan Perkemahan Tingkat Nasional (Pertinas) Bakti Saka Bhakti Husada ke V di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Jumat (21/10/2016).

Gema Pramantik yaitu inovasi Dinas Kesehatan Pemkab Blitar bersama Dinas Pendidikan dan Pramuka Kwartir Cabang Blitar. Program ini mengoptimalkan peran serta semua masyarakat dalam pemberantasan nyamuk penyebab demam berdarah degue (DBD), terutama dari kalangan pelajar.

Program ini dinilai Menkes Nila sebagai gerakan revolusi dan reformasi kesehatan untuk masyarakat Indonesia bagi mandiri menjaga kesehatan dan kebersihan dirinya sendiri dan lingkungannya.

“Memang benar seandainya Pramuka kalian libatkan bagi memberantas musuh negara yg sesuatu ini. Pemerintah khususnya Kementrian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan tak mungin dapat melakukan pemantauan jentik secara maksimal di setiap rumah penduduk. Gema Pramantik ini yaitu cara yg sangat efektif dan efisien bagi mencegah perkembangan nyamuk Aedes Aegypti karena masyarakat berperan aktif di dalamnya,” papar Menkes Nila.

Dalam acara tersebut, ditampilkan juga drama Gema Pemantik dengan pemain Pramuka Siaga dari SDN Kanigoro 3 yg menceritakan bagaimana pramuka memantau jentik nyamuk di rumah.

Menkes Libatkan Pramuka buat Pantau Jentik NyamukFoto: Erliana Riady/detikHealth

Dalam waktu dekat Kementrian Kesehatan RI mulai melakukan sosialisasi gerakan nasional itu ke segala penjuru negeri.

Dalam melaksanakan program ini, kata Menkes Nila, tentu juga dibutuhkan Pemda dalam tata ruang daerah dan menumbuhkan kesadaran buat tiap pemilik rumah bagi menjaga kebersihan lingkungannya sendiri.

Baca juga: Telur Nyamuk DBD Sangat Bandel, Jangan Asal Kuras Bak Mandi

Pemberantasan nyamuk masih menjadi konsentrasi penting Kementrian Kesehatan karena iklim negara Indonesia sangat berpengaruh dalam proses perkembangannya. Dengan pemantauan jentik yg konsisten dikerjakan tiap pekan ini, diharapkan dari tiap rumah yg menjaga kebersihan mampu berkembang menjadi kebersihan dan bebasnya lingkungan dari perkembangan jentik nyamuk.

“Kalau cuma disemprot, dimatikan, itu kurang. Perlu tindakan preventif bagi memantau supaya jentik ini tak tumbuh berkembang menjadi nyamuk,” jelasnya.

Bupati Blitar, Rijanto menyatakan bangga seandainya hasil pemikiran Kabupaten Blitar mampu bermanfaat bagi masyarakat yang lain segala Indonesia.

“Ini satu yg harus kami tingkatkan sebagai upaya preventif pada perkembangbiakan nyamuk, sehingga kalian dapat mencegah penyebab penyakit demam berdarah, karena kalau kalian represif justru cuma pemborosan dan sarang nyamuk tak mampu bersih tuntas. Ini satu-satunya cara yg mudah, murah dan meriah ya dengan Gema Pramantik,” jelas Rijanto.

Baca juga: Trik Agar Anak Tak Mudah Digigit Nyamuk Aedes Aegypti di Musim Pancaroba

Menkes Libatkan Pramuka buat Pantau Jentik NyamukFoto: Erliana Riady/detikHealth

(up/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Menkes Libatkan Pramuka untuk Pantau Jentik Nyamuk

Kata Kunci Banyak Di Cari

bokep pramuka,gangguan kesehatan akibat gizi yang kurang sempurna,cara membuat variasi tali kur pramuka,bokep gatot braja,contoh proposal penyuluhan kesehatan gigi,yel-yel pramuka mengejek,cerita pentingnya kesehatan bagi diriku,letak tali kur pramuka,materi penyuluhan kesehatan jiwa ppt,cara merapikan talikur pramuka,
Loading...
loading...