Agar Kehamilan Tetap Terjaga Meski Terkena APS, Ini Yang Perlu Dilakukan

Posted on
loading...

Jakarta, Was-was karena mengalami sindroma antifosfolipid alias antiphospholipid syndrome (APS) ketika hamil? Tenang Bu, kehamilan sehat mampu didapat seandainya mendapat pemantauan dokter yg memadai.

“Jadi memang perlu terapi dengan mengonsumsi obat yg memodulasi pembekuan darah. Selain itu perlu diingat buat menjaga daya tahan tubuh,” pesan dr Gita Nurul Hidayah, SpOG dari RS SamMarie Basra, Pondok Bambu, Jakarta, dalam perbincangan dengan detikHealth.

Menjaga daya tahan tubuh sangat utama karena mampu menolong meminimalkan antibodi menyerang tubuh sendiri. Ini karena APS yaitu penyakit autoimun.

“Bisa dikerjakan dengan olahraga. Jadi ibu hamil tetap boleh olahraga lho ya misalnya jalan kaki pagi-pagi di sekitar rumah. Lalu juga jangan merokok dan kurangi terpapar polusi sebab ada polutan atau zat berbahaya yg dapat mengganggu respons imun,” papar dr Gita.

Baca juga: Ibu Hamil Alami Masalah Pembekuan Darah, Bisakah Melahirkan Normal?

Apakah ibu hamil dengan APS juga harus mengurangi kegiatannya? Kata dr Gita, ibu hamil dengan APS ataupun tak dengan APS boleh saja tetap bekerja dan beraktivitas, namun jangan sampai membahayakan ataupun menimbulkan kelelahan berat.

Dari keadaan APS ini, yg dikhawatirkan adalah adanya katastropik APS, yakni keadaan di mana terjadi trombus di pembuluh darah di berbagai organ tubuh seperti di otak dan lain-lain. Namun menurut dr Gita, hal ini jarang terjadi.

“APS sendiri juga sebenarnya kasusnya jarang. APS sendiri bukan penyakit keturunan, dua pasien aku tak memiliki riwayat ini di keluarganya. Ini terjadinya multifaktor,” tutur dr Gita.

“Was-was itu pasti, tetapi terapi dan yg lainnya adalah usaha, mengusahakan yg terbaik. Jadi jangan putus asa kalau APS pada ketika kehamilan. Kehamilan harus direncanakan dan dirawat, apalagi tak ada hubungan terapi APS ketika kehamilan dengan kecacatan pada bayi,” lanjut dr Gita.

Pembaca detikHealth, apakah Anda pernah milik pengalaman hamil dengan keadaan APS? Yuk ceritakan pengalaman Anda ke [email protected]

Baca juga: Wanita Ini Berhasil ‘Melawan’ Keguguran dengan Minum Aspirin

(vit/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Agar Kehamilan Tetap Terjaga Meski Terkena APS, Ini yang Perlu Dilakukan

Kata Kunci Banyak Di Cari

cara agar undangan smule berlangsung lama,cara menghitung kehamilan menurut islam,nand flash was not detected indonesia,Oke Google carikan mobil untuk wanita yang bergambar Princess,
Loading...
loading...