Setelah Operasi Penurunan Berat, Wanita Disarankan Tak Cepat-cepat Hamil

Posted on
loading...

Jakarta, Sebuah studi menyarankan agar seorang wanita yg baru menjalani operasi penurunan berat badan tak perlu cepat-cepat hamil. Alasannya karena ia mulai berisiko lahirkan bayi prematur atau bayi kecil yg memerlukan perawatan.

Obesitas memang berkaitan dengan persoalan kesuburan sehingga operasi bariatrik bagi menurunkan berat badan dapat juga mempermudah seorang wanita hamil. Hanya saja saat kehamilan terjadi peneliti menemukan kecenderungan terjadinya komplikasi.

Baca juga: Sebelum Jalani Operasi Bariatrik, Pasien Juga Perlu Konsultasi ke Psikiater

“Risiko buat bayi-bayi ini paling tinggi pada tiga tahun pertama setelah operasi, dan mulai berkurang seiring berjalannya waktu,” kata pemimpin studi dr Brodie Parent dari University of Washington.

“Ini berarti seorang wanita sebaiknya menunggu minimal tiga tahun setelah operasi sebelum coba buat hamil,” lanjut dr Brodie seperti dikutip dari Reuters, Kamis (20/10/2016).

Data acak dari 1.859 wanita yg jalani operasi dan 8.437 wanita yang lain yg tak jalani operasi sebagai pembanding memamerkan ada kemungkinan 52 persen lebih tinggi bagi bayinya lahir prematur. Selain itu ada juga 25 persen kemungkinan lebih tinggi bayi perlu mendapat perawatan neonatal intensive care unit (NICU) dan 90 persen kemungkinan lebih tinggi lahir dengan tubuh kecil.

Dipublikasi dalam jurnal JAMA Surgery peneliti menyampaikan studi sudah membuka pertanyaan baru. Satu sisi diketahui bahwa ibu yg obesitas mulai memiliki beragam risiko bagi bayinya saat hamil namun di yang lain sisi begitu juga dengan ibu yg kurus dengan operasi.

“Kita tahu mempertahankan berat badan sehat sangat utama bagi kehamilan dan persalinan. Apa yg tak kami ketahui sekarang adalah cara apa yg paling aman bagi memperoleh berat badan sehat tersebut dan apakah ibu yg obesitas tetap sebaiknya mengambil langkah operasi,” komentar dr Aaron Dawes dari David Geffen School of Medicine.

Baca juga: Dampak Kegemukan pada Ibu Hamil, Anak Jadi ‘Tua Sejak Lahir’(fds/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Setelah Operasi Penurunan Berat, Wanita Disarankan Tak Cepat-cepat Hamil

Kata Kunci Banyak Di Cari

cara merawat cucak ijo cepat nopeng,dinar candy sebelum operasi,cara bermain game unipad agar lancar,cara membersihkan kerang dara dengan cepat,cara cepat agar lem kayu cepat kering,cara mengetahui tombol unipad,Cara cucak ijo cepat nopeng,agar lem kayu cepat kering,cara agar lem fox cepat kering,campuran jalak nias dan kebo,
Loading...
loading...