Ketika Anak Tak Lagi Terbuka Pada Orang Tua Saat Memasuki Masa Remaja

Posted on
loading...

Jakarta, Dulunya si kecil terus ingin dekat dan terbuka dengan orang tuanya. Tapi saat memasuki usia remaja, ia jadi cenderung tidak mau terbuka dengan orang tuanya.

Nah, menurut psikolog dari Biro Psikologi Castra Tangerang, Wikan Putri Larasati, MPsi, Psikolog, remaja yakni di rentang usia 12 sampai 22 tahun memang tengah memasuki masa mencari identitas diri.

Di masa itu, remaja ingin memperlihatkan diri atau ingin mencari tahu dirinya siapa. Nah, penerimaan sosial menjadi aspek utama di masa-masa ini dan berbagai cara pun dikerjakan remaja bagi memamerkan dirinya.

“Wajar kalau di usia remaja anak akan nggak terlalu terbuka sama orang tuanya. Saat itu, teman memiliki peran utama. Nah bagaimana orang tua bersikap? Santai aja, beri anak kebebasan tetapi tetap diawasi,” kata Wikan ketika berbincang dengan detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Ini Pesan Psikolog bagi Remaja Gaul yg Suka Narsis di Internet

Ia menambahkan, baiknya orang tua memiliki hubungan yg dekat dengan anak. Tidak cuma dekat secara fisik, tapi juga emosional. Dengan begitu, ayah atau ibu dapat tahu apa kebutuhan si anak. Wikan menekankan kedekatan anak dan orang tua amat penting.

Sebab, saat telah dekat dengan orang tua, anak mulai merasa nyaman dan terbuka buat menceritakan apa yg ia alami atau rasakan. Lebih lanjut, Wikan menyarankan orang tua buat tetap mengawasi dengan siapa anak berteman.

“Nah, sifat anak di masa ketika itu masih mendewakan teman. Sehingga, kalau orang tua mau membicarakan sesuatu, lakukan pendekatan, jangan segera ‘serang’ anak apalagi dengan membawa-bawa temannya,” kata Wikan.

Pendekatan pada anak yg dapat dikerjakan salah satunya dengan mengajak si anak ngobrol lebih dahulu mengenai satu yg mulai dibahas. Kemudian, tanyakan pendapat anak tentang hal itu sehingga obrolan yg terjadi lebih mengarah pada diskusi di mana orang tua mampu menyelipkan nasihatnya.

Baca juga: Remaja Susah Gaul dan Orang-orang yg Rentan Jadi ‘Pecandu’ Internet

(rdn/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Ketika Anak Tak Lagi Terbuka pada Orang Tua Saat Memasuki Masa Remaja

Kata Kunci Banyak Di Cari

susu anak sma,tutorial make up kakek kakek,make up kakek kakek,situs tempat psk di tangerang,rekening bca aktif apa tidak,Photo anak menghisap payudra,orang tua rey utami,masa suburhaid 2bulan sekali,kisa cerita selingkuh anak dan orang tua ya,gambar aku tobot,
Loading...
loading...