Istri Yang Tak Terbuka Pada Suami Soal Keuangan Hingga Akhirnya Terlilit Utang

Posted on
loading...

Jakarta, Dear Mbak Wulan, tahun ini mulai menjadi pernikahan tahun ke-4. Dari lalu agak sulit untuk aku bagi terbuka kepada suami mengenai uang.

Saya sungkan bagi minta uang ke suami seandainya perlu, walau tiap bulannya suami aku memberikan uang bulanan. Jadi aku lebih memilih pinjam ke teman dan berlangsung lama sehingga aku terlilit utang tanpa sepengetahuan suami saya. Saya juga bukan orang yg amanah dan aku menyesalinya.

Sekarang aku takut kalau suami aku tahu, dan dia mulai marah dengan sifatnya yg temperamen. Saya berharap ada saran atau solusi dari Mbak Wulan bagi keluhan aku ini. Terimakasih.

Tyas (Wanita, 27 tahun)

Jawaban

Dear Mbak Tyas,

Memang idealnya pasangan suami istri dapat saling terbuka mengenai urusan keuangan ya. Hanya saja, memang pada dua keadaan mampu membuat salah sesuatu pihak ‘terpaksa’ melakukan kebohongan-kebohongan kecil yg awalnya terjadi karena sungkan meminta kepada pasangan. Jadi, Mbak Tyas sebenarnya tak sendirian dalam perkara ini.

Pada umumnya yg tidak jarang menjadi permasalahan mengenai persoalan keuangan adalah cara memakai uang tersebut, siapa yg paling banyak menghabiskannya, dan bagaimana uang tersebut dihabiskan. Membaca Anda menyampaikan bahwa Anda ‘bukan orang yg amanah’, sejauh mana Anda mampu mempertanggungjawabkan uang yg telah Anda keluarkan? Apa yg membuat Anda menghabiskan banyak uang? bagaimana uang tersebut dihabiskan?

Saya tak memahami seberapa besar utang Anda dan bagaimana Anda mempergunakan uang tersebut. Namun, karena menghabiskan uang dan berutang yaitu tindakan yg Anda lakukan secara sadar, dan tentunya Anda telah mengetahui konsekuensi dari berutang, salah satunya adalah Anda perlu memberitahukan mengenai hal tersebut kepada suami Anda.

Saya mampu memahami kekhawatiran dan ketakutan Anda yg cukup beralasan. Namun, ketidakterbukaan soal utang dalam hubungan perkawinan lama kelamaan bisa memunculkan konflik lain, misalnya suami merasa dibohongi, muncul ketidakpercayaan terhadap Anda. Semakin lama Anda menunda membicarakan hal ini kepada suami, Anda juga dapat terganggu dengan perasaan bersalah dan tak nyaman saat berinteraksi dengan suami.

Jika suami adalah orang yg temperamen, minta bantuan kepada keluarga yg Anda dan suami percayai yg bisa menjadi mediator Anda berdua. Sebelumnya, persiapkan lalu penjelasan Anda mengenai bagaimana Anda mempergunakan uang tersebut dan apa yg mulai Anda lakukan buat mengatasi hal tersebut. Hal-hal yg dapat dikerjakan adalah hal yg konrit dan disesuaikan dengan persoalan Anda. Anda memang telah melakukan kesalahan dengan berutang, paling tak suami melihat bahwa Anda juga mampu bertanggung jawab atas kesalahan Anda.

Akan lebih gampang menjelaskan seandainya uang tersebut Anda pergunakan bagi keperluan keluarga yg memang penting. Namun, seandainya uang ini dipergunakan buat hal-hal yang lain seperti investasi yg berujung penipuan, atau berbelanja, tentu saja langkah konkritnya mulai berbeda. Misalnya, berutang bagi membeli barang-barang mahal, jadi Anda mulai menjual barang-barang tersebut (preloved) bagi mengumpulkan uang kembali, dsb. Hindari buat berutang bagi melunasi utang lainnya, karena seringkali mulai mendatangkan permasalahan tambahan.

Jika Anda memiliki persoalan dalam melakukan pengelolaan uang selama ini, identifikasi hal apa yg membuat Anda sulit bagi menahan keinginan Anda membeli atau melakukan satu yg berhubungan dengan uang. Banyak orang yg terlibat persoalan keuangan didasari atas penyebab yg sifatnya psikologis. Hubungi psikolog klinis dewasa seandainya persoalan ini memiliki pola berulang ya.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/(hrn/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Istri yang Tak Terbuka pada Suami Soal Keuangan Hingga Akhirnya Terlilit Utang

Kata Kunci Banyak Di Cari

pinjaman uang di palembang,rentenir bandung,cara membuat alat pendeteksi uang palsu,cari rentenir di bandung,Rentenir denpasar,pinjaman rentenir bandung,cara membuat mahar bentuk vespa,tempat mangkal psk malang terbaru,tabel pinjaman bank ganesha,pinjam uang ke selebritis,
Loading...
loading...