Celoteh Pelajar SMA Batam Soal Kampanye HIV-AIDS

Posted on
loading...

Batam, Remaja usia sekolah menjadi salah sesuatu target penting kampanye HIV-AIDS karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan. Bahkan, data Riset Kesehatan Dasar 2013 menyebut cuma 11,4 persen remaja yg memiliki pengetahuan dasar soal HIV-AIDS.

Dalam acara Kampanye Peduli HIV-AIDS Bagi Pelajar SMA dan Sederajat di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (19/10/2016) kemarin, detikHealth berkesempatan mewawancarai dua pelajar SMA yg hadir. Lalu, apa saja celoteh mereka?

Aldi Arpansa (15), siswa kelas X SMAN 15, mengaku telah kadang mendengar soal bahaya penyakit HIV-AIDS. Ia menyampaikan salah sesuatu faktor risiko terbesar tertular HIV adalah perilaku berisiko yg dimulai dari gaya hidup tidak sehat seperti minum alkohol, menyalahgunakan narkoba hingga seks berisiko.

Baca juga: Studi Sebut di Amerika, Warna Kulit Remaja Pengaruhi Perilaku Seks Berisiko

“Letak geografis Batam ini dekat dengan negara luar seperti Malaysia dan Singapura. Bisa dibilang kalau gaya hidup negara luar ini ada yg tak sesuai dengan budaya Indonesia dan ada pengaruhnya,” tuturnya.

Sementara itu, Raden Akbar Ramadhan Amiarsa (16), siswa kelas XI SMA Kartini, menyampaikan salah sesuatu alasan ia mengikuti kegiatan kampanye peduli HIV-AIDS adalah bagi menghilangkan stigma negatif pada pengidap HIV. Akbar yaitu salah sesuatu dari 200 siswa di Kota Batam yg terpilih menjadi duta HIV pelajar.

Menurutnya, stigma negatif yg berlebihan terhadap pasien HIV membuat para pasien sulit berkembang. Di sesuatu sisi mereka malu bagi keluar rumah tetapi di sisi yang lain juga mendapat perlakuan tak adil di masyarakat.

“Jadi kalau pasien HIV jangan dijauhi tapi kami harus kawal. Jangan sampai dia nanti terkucilkan dan malah tak tertolong karena tak mau berobat,” ungkapnya.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, dr HM Subuh, sebelumnya menyebut remaja harus memiliki pengetahuan HIV secara komprehensif.
Dijelaskan dr Subuh, pengetahuan komprehensif meliputi pengetahuan soal penularan, pencegahan, faktor risiko serta pengobatan HIV-AIDS.

Ia menyampaikan memiliki pengetahuan komprehensif yaitu langkah awal bagi menghilangkan stigma negatif terhadap orang dengan HIV-AIDS (ODHA) di kalangan pelajar. Dengan mengetahui bagaimana cara penularan, maka upaya pencegahan dapat dikerjakan sekaligus menghilangkan stigma.

Baca juga: Pemahaman Rendah, Remaja Usia Sekolah Jadi Target Utama Kampanye HIV-AIDS(mrs/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Celoteh Pelajar SMA Batam Soal Kampanye HIV-AIDS

Kata Kunci Banyak Di Cari

sma qvd io-sign up,http://akulagi com/Berita-sma-qvd-io,http://ucnews co/ngentot 3gp/,http:sma qvd io,sma q v d io,tes kesehatan jiwa,sma qud,quipper sma qvd io,http://akulagi com/Berita-sma qvd io,Sma qtu io,
Loading...
loading...