Pemahaman Rendah, Remaja Usia Sekolah Jadi Target Utama Kampanye HIV-AIDS

Posted on
loading...

Batam, Rendahnya pemahaman remaja Indonesia terkait Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) membuat program pencegahan dan pengendalian penyakit ini terhambat. Untuk itu, remaja menjadi target penting kampanye HIV-AIDS yg dikerjakan pemerintah.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, dr HM Subuh, menyampaikan berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, cuma 11,4 persen remaja yg paham soal HIV-AIDS, baik itu terkait penularan, penyebab, dan faktor risiko penyakit.

“Karena itu sasaran penting kalian adalah paling banyak remaja usia sekolah, terutama yg telah berusia 15 tahun ke atas. Mereka diberitakan pengetahuan HIV secara komprehensif,” tutur dr Subuh, dalam acara Kampanye Peduli HIV-AIDS Pada Siswa SMA dan Sederajat di Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (19/10/2016).

Dijelaskan dr Subuh, pengetahuan komprehensif meliputi pengetahuan soal penularan, pencegahan, faktor risiko serta pengobatan HIV-AIDS. Salah satunya adalah pengetahuan soal HIV termasuk penyakit menular yg sulit menular.

Baca juga: Rapid Community Testing, Strategi Baru Penanggulangan HIV di Indonesia

Pemahaman Rendah, Remaja Usia Sekolah Jadi Target Utama Kampanye HIV-AIDSFoto: reza

Ia menyampaikan momen ini yaitu langkah awal buat menghilangkan stigma negatif terhadap orang dengan HIV-AIDS (ODHA) di kalangan pelajar. Dengan mengetahui bagaimana cara penularan, maka upaya pencegahan mampu dikerjakan sekaligus menghilangkan stigma.

“Saya telah lakukan dan buktikan sendiri, tak persoalan seandainya bergaul dengan pasien HIV positif karena HIV tak menular melalui jabat tangan atau makan dan minum bersama. HIV menular melalui transfusi darah, penggunaan jarum suntik bersama atau dari ibu ke anak,” paparnya.

Kementerian Kesehatan pun telah melakukan berbagai langkah pencegahan. Salah satunya dengan melakukan skrining HIV gratis untuk semua masyarakat.

“Total tahun ini telah ada 7,5 juta orang yg kami skrining dan masih mulai selalu dilakukan,” paparnya.

Pemahaman Rendah, Remaja Usia Sekolah Jadi Target Utama Kampanye HIV-AIDSFoto: reza

Baca juga: Ini Cah Gareng, ODHA yg Jalan Kaki 3.000 Km buat Sosialisasi HIV-AIDS (mrs/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Pemahaman Rendah, Remaja Usia Sekolah Jadi Target Utama Kampanye HIV-AIDS

loading...
Loading...