Gelapkan Uang Petani Rp 6 M Dengan Modus Terbakar, Petugas KUD Ditangkap

Posted on
loading...

Sanggau – Dua orang pelaku ditangkap Polres Sanggau atas upaya penggelapan uang punya petani. Penggelapan dikerjakan dengan modus mobil terbakar.

Berdasarkan informasi dari Kapolres Sanggau AKBP Dhoni Charles, peristiwa berawal dari ketika tersangka Silvianus Pitus pada Senin (17/10) pukul 10.45 waktu setempat mencairkan uang punya Koperasi Unit Desa (KUD) Tut Wuri Handayani SP 2 Mukok di Bank BRI Cabang Sanggau. Uang yg dicairkan sebesar Rp 8.402.798.000 punya 2000 petani Plasma.

Silvianus mengendarai mobil Fortuner hitam berpelat KB 761 D dari Bank BRI Sanggau menuju KUD. Petugas koperasi itu pun sempat menjemput Jame Kisnodi (Sekretaris II Koperasi) yg sehari-hari bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara dikantor Camat Meliau.

“Dalam perjalanan di desa Semuntai Kecamatan Mikok, Silvianus menghentikan kendaraannya, kemudian keduanya turun dari mobil bagi buang air kecil. Tersangka Silvianus masuk ke dalam mobil dan melihat dari dalam mobil bagian jok tengah dan belakang telah mengeluarkan api dan asap tebal membakar uang punya KUD,” ungkap Dhoni dalam informasi tertulis, Selasa (18/10/2016).

Atas kejadian itu, Silvianus melapor ke Polsek Mukok. Di hadapan polisi, Ketua KUD menghitung sisa uang yg berada di mobil. Sekitar Rp 2 miliar masih dalam kondisi utuh, Rp. 7,8 juta dalam kondisi rusak terbakar dan sisanya Rp 6 miliar lebih habis terbakar.

Barang bukti yg diamankan pihak kepolisianFoto: Barang bukti yg diamankan pihak kepolisian (Dok. Polda Kalbar)

“Berdasarkan olah TKP Kapolsek merasa curiga dan meminta bantuan Polres buat mem-back up Polsek dalam mengungkap perkara tersebut,” kata Dhoni.

Polisi disebutnya banyak menemukan kejanggalan-kejanggalan dari ketika olah TKP. Di antaranya mobil dalam keadaan baik, tak ditemukan terjadinya arus pendek yg menyebabkan kebakaran. Kemudian abu bekas kebakaran tak sesuai dengan jumlah uang yg terbakar dan sebagainya.

“Polisi semakin curiga, bahwa kebakaran ini direkayasa, akhirnya polisi membawa pengemudi Silvianus Pitus dan Jame Kisnodi bagi dibawa ke Polres Sanggau guna pemeriksaan lebih lanjut,” Dhoni menjelaskan.

Petugas dari Polsek Mukok pada Senin (17/10) tengah malam segera melakukan penggeledahan di rumah Silvianus di daerah Kecamatan Kapuas. Polisi pun menemukan uang sebesar Rp 4,7 M yg disimpan di bawah tempat tidurnya. Tak cuma itu, uang sebesar Rp 100 juta pun didapat dari dalam jok sepeda motor yg ada di rumah Silvianus.

“Selanjutnya Polisi menggeledah mobil punya Hadi Prawoto. Di dalam mobil ditemukan uang Rp 100 juta dan sesuatu unit Air Softgun, akhirnya kedua pelaku dibawa ke Polres Sanggau guna pemeriksaan lebih lanjut,” terang Dhoni.

Air Softgun yg ditemukan. Dok. Polda KalbarFoto: Air Softgun yg ditemukan. Dok. Polda Kalbar

Sementara itu Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Suhadi ketika dikonfirmasi menyatakan barang bukti telah berhasil diamankan pihak kepolisian. Pihaknya pun menberi apresiasi kepada Kapolres Sanggau dan Kapolsek Mukok beserta jajaran atas keberhasilan mengungkap masalah tersebut.

“Hendaknya masalah ini bisa dikembangkan, kemungkinan tersangkanya tak cuma Silvianus dan Hadi tapi ada tersangka lain,” ujar Suhadi, Selasa (18/10).

(elz/dha)

$(document).ready(function(){
polong.create({
group: 106,
appId : 3,
target:’bx_polong’
});
});

Sumber: http://news.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Gelapkan Uang Petani Rp 6 M dengan Modus Terbakar, Petugas KUD Ditangkap

Kata Kunci Banyak Di Cari

foto anak sd pilipina bugil,siskamobi,bank milik opick,cari pinjaman koperasi area balikpapan,Cara menghitung uang giral,koperasi pinjaman uang di balikpapan,Kredit uang pribadi di binjai,koperasi pinjaman uang di kota singkawang,koperasi tempat pinjam uang di makassar,koperasi pinjaman uang online,
Loading...
loading...