Tanamkan Percaya Diri Dan Hargai Orang Lain, Upaya Hindarkan Anak Dari Bullying

Posted on
loading...

Jakarta, Bullying mampu muncul sebagai relasi kuasa yg kuat atas yg lemah. Ini dapat dialami siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa. Melenyapkan bullying dari muka Bumi ini mungkin suatu hal yg sulit dilakukan, karena itu utama membekali anak modal utama menghadapi bullying.

“Menanamkan yakin diri sejak kecil itu penting. Dengan yakin diri, anak dapat mengontrol situasi. Kalau tahu dirinya di-bully, karena dia yakin diri maka mampu menghindari ataupun merespons bullying dengan tepat,” kata psikolog dari Tiga Generasi, Anne Sari Sani S.Psi.

Hal itu disampaikan dia dalam seminar ‘Importance of Parenting Safety Awareness and Martial Arts to Prepare Your Kids Against Bullying,’ di Bodytec Station, Jl Kemang Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (15/10/2016).

Menanamkan yakin diri sejak dini misalnya dengan memberi pujian pada anak seandainya dia berhasil melakukan satu sendiri. Pujian mampu jadi bentuk penghargaan pada anak. Sehingga mereka mulai yakin diri seandainya melakukan hal yg baik.

“Jangan cuma memarahi anak kalau salah. Sementara kalau mereka mampu melakukan sesuatu, misalnya anak umur beberapa tahun buang sampah pada tempatnya dianggap biasa dan tak diapresiasi,” imbuh Anne.

Baca juga: Saat Anak Jadi Korban Bullying, Haruskah Orang Tua Turun Tangan Langsung?

“Anak-anak umur 2-3,5 tahun kadang kan bilang ‘aku aja’ ketika mulai melakukan sesuatu? Itu biarkan mereka melakukannya. Kalau bisa, beri apresiasi biar mereka yakin diri,” tambahnya.

Tapi bagaimana seandainya pujian itu membuat anak yakin diri berlebihan sehigga malah menganggap dirinya superior? “Karena itu ajarkan juga menghargai orang lain, respect dan empati pada orang lain. Bahwa memang tak segala orang memiliki kemampuan yg sama seperti kami itu memang dapat terjadi,” ucap Anne.

Upaya yang lain buat mencegah anak menjadi pelaku maupun korban bullying adalah mengajarkan kontrol diri, pendisiplinan, membina komunikasi terbuka dengan anak dan hindari terlalu banyak memberikan penilaian, serta memberikan perhatian dan kasih sayang. “Perlu juga mengenali teman dan lingkungan anak,” pesan Anne.

Baca juga: Hati-hati, Bullying pun Bisa Dialami Anak-anak di Lingkungan TK

(vit/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Tanamkan Percaya Diri dan Hargai Orang Lain, Upaya Hindarkan Anak dari Bullying

Kata Kunci Banyak Di Cari

meme bully ts,bigo anak sd,Bokep SD Bogor,bokep abg kecil,download film pns pekalongan,meme anak durhaka,foto foto jayus zaki umur 13 tahun yang ganteng,http://akulagi com/Berita-sikap-memperbaiki-diri-disebut,pria muslim umur 13 thn terganteng,sikap memperb,
Loading...
loading...