Studi: Pola Makan Tidak Sehat Bisa Dimulai Sejak PAUD

Posted on
loading...

Jakarta, Pola makan tak sehat mampu jadi tak dipengaruhi oleh kebiasaan orang tua di rumah. Sebuah studi menyebut pola makan tak sehat dapat saja dimulai di penitipan anak atau pendidikan anak usia dini (PAUD)

Dipti Dev, peneliti dari University of Nebraska, Amerika Serikat. melakukan penelitian kepada 18 wanita yg bekerja di daycare dan PAUD. Rata-rata partisipan berusia 42 tahun dan memiliki pengalaman bekerja di daycare dan PAUD selama 12 tahun.

Hasil studi menyebut pola makan tak sehat muncul akibat salah paham soal konsep menghabiskan makanan. Anak diminta bagi terus menghabiskan makanan padahal dapat jadi anak telah kenyang dan tak lagi lapar.

Baca juga: Rentan Kena Penyakit, Jangan Biarkan Anak-anak Tumbuh dengan Obesitas

“Penelitian aku menemukan para wanita yg bekerja di daycare atau PAUD meminta anak bagi menghabiskan makanan hingga piring bersih karena takut mendapat teguran dari orang tua yg khawatir saat anak tak mau makan,” tutur Dev, dikutip dari Reuters.

Padahal menurut Dev, kebiasaan ini malah dapat jadi merugikan. Karena seringnya anak mendapat makanan meski ia tak lapar, kebiasaan makan banyak ini mampu berlanjut hingga remaja dan dewasa dan meningkatkan risiko obesitas.

Selain itu, ada pula kecenderungan anak diberi hadiah makanan manis dan snack tak sehat sebagai bentuk hadiah. Prakek ini lazim ditemukan di daycare, terutama oleh pengasuh yg memiliki berat badan berlebih.

“Seharusnya pemberian makanan sebagai hadiah atau bentuk pujian tak perlu lagi dilakukan. Hindari juga memuji anak saat makan terlalu banyak bagi menghindari risiko anak kegemukan,” paparnya.

Nancy Zucker, peneliti gangguan makan dari Duke University Durham, Amerika Serikat, menyebut hasil studi ini dapat jadi bahan pertimbangan orang tua sebelum memilih daycare atau PAUD buat anak. Selain mengetahui kegiatan harian anak, utama juga buat orang tua bagi mengetahui asupan apa saja yg diberikan bagi anak di daycare tersebut.

“Masa kanak-kanak memegang peranan utama sebagai pondasi hidup sehat. Mengatur pola makannya juga yaitu salah sesuatu cara buat mengenalkan budaya hidup sehat pada anak,” ungkapnya.

Baca juga: Tumbuh Kembang Anak Berbeda, Jangan Dibanding-bandingkan!

(mrs/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Studi: Pola Makan Tidak Sehat Bisa Dimulai Sejak PAUD

Kata Kunci Banyak Di Cari

pola tebak OX,pola jawaban tebak ox,pola permainan OX cashtree,pola celana pendek anak perempuan,pola tebak ix cahs tree,Tebak ox cashtree dengan pola,polaa chastree,password wifi saphire di halim,membaca pola ox,cara melawak posisi seseorang dengan gps,
Loading...
loading...