Sunnah Makan Minum yang Sering Dilupakan Kaum Muslimin, Nyesel Gak Baca!!!

Posted on
loading...

akulagi.com – Beberapa ulama salaf mengatakan kalau 1/2 Firman Allah Ta’ala dalam ayat ini adalah inti dari semuanya pengetahuan kesehatan.

“Dan makan serta minumlah, serta jangan sampai berlebih-lebihan. ” (Qs. al-A’raf 7 ayat 31)

Didalam ayat ini terdapat hikmah yang begitu besar berkaitan makan serta minum. Adalah dua kesibukan yang dikerjakan oleh seseorang manusia kian lebih satu kali dalam satu hari. Tengoklah, karena sangat dibutuhkannya, makan serta minum ini jadi usaha yang sangat luas pasarnya.

Imam Ibnu Katsir menerangkan ayat ini dengan mengutip hadits kisah Imam al-Bukhari Rahimahullahu Ta’ala dari teman dekat mulia ‘Abdullah bin ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu, “Makan serta berpakaianlah saesuka kalian, seandainya kalian terlepas dari dua karakter ; berlebih-lebihan serta sombong. ”

Janganlah berlebih-lebihan. Janganlah sombong.

Begitu dua hal semacam ini banyak dilanggar oleh golongan Muslimin dalam soal makan serta minum? Beberapa orang berlomba makan di banyak tempat dengan penuhi nafsu serta keinginan kesombongannya ; gengsi.

Terkecuali makan banyak dengan harga semahal mungkin saja, tempat juga jadi kebanggaan. Dipamerkan sedemikian rupa. Berkeliling ke beragam tempat. Cuma untuk makan serta minum, lantas repot mengisahkannya pada orang lain. Walau sebenarnya, ada demikian banyak umat manusia yang telah makan hingga kelaparan.

Imam Ibnu Katsir juga mengutip kisah Imam Ahmad bin Hanbal, Imam an-Nasa’i, serta Imam Ibnu Majah Rahimahumullahu Ta’ala waktu menerangkan ayat 31 surat al-A’raf ini dalam Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda ;

“Makan, minum, kenakan pakaian, serta bersedekahlah kalian dengan tak sombong serta tak berlebih-lebihan. Lantaran sebenarnya, Allah Ta’ala suka pada lihat nikmat-Nya terlihat pada hamba-Nya. ”

Berikut kenyataan yg tidak dapat disangkal. Berikut sunnah makan serta minum yang dilupakan, bahkan juga diingkari oleh beberapa golongan Muslimin. Berkelilinglah di kota-kota besar, di jalanan ataupun di pusat-pusat perbelanjaannya ; jadi Anda bakal merasakan begitu hadits ini sangat riil kebenarannya.

Banyak golongan Muslimin yang makan serta minum terlalu berlebih. Mereka juga sombong dengan meluangkan saat sekerap mungkin saja berkeliling, cuma untuk mencari makanan yang ujungnya hanya kotoran.

“Tidaklah Anak Adam isi satu bejana yang lebih jelek dari pada perutnya sendiri. Cukup untuk Anak Adam sebagian suap makanan untuk menegakkan tulang punggungnya. Bila ia memanglah mesti mengerjakannya, jadi sepertiga untuk untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, serta sepertiga untuk nafasnya (hawa). ”

Baca Juga: Ternyata Pekerjaan Rumah Tangga itu Kewajiban Suami. . . .

Janganlah berlebih-lebihan. Sebab Allah Ta’ala serta Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam tak menyenanginya.

Wallahu a’lam.

Kata Kunci Banyak Di Cari

cara buat tisu nanas,cara melipat tisu makan bentuk nanas,cara menyusun tisu menjadi bentuk nanas,liliana tanoesoedibjo sombong,
loading...
Loading...