Astaghfirullah.. Ternyata, Suami Pulang Terlalu Malam Dilarang Dekati Istrinya

Posted on
loading...

akulagi.com – Kehidupan berumah tangga nyatanya tak terus-terusan bikin pasangan senantiasa berbarengan. Ada saatnya suami pergi meninggalkan istri untuk masalah utama hingga tak pulang kerumah dalam rentang saat spesifik.

Sesudah masalah usai, jadi suami dapat kembali pada tempat tinggal berkumpul berbarengan istri. Tetapi suami tak dapat dan merta dapat bersua istri demikian saja sesudah melancong.

Nyatanya islam mengatur bagaimana adab suami yang bakal bersua dengan istri selesai pulang dari satu tempat. Dalam satu hadist, Nabi Muhammad SAW melarang seseorang suami pulang menjumpai istrinya pada malam hari. Kenapa sekian?

Kitab Al Ishabah, Ibnu Hajar Al Asqalani menceritakan cerita teman dekat yang lakukan perjalanan jauh serta pulang saat malam hari. Dalam cerita itu dikisahkan pria itu pulang ke Madinah sesudah lakukan perjalanan jauh serta segera bergegas menjumpai istrinya.

Tetapi apa yang didapati teman dekat membuatnya begitu kaget, lantaran ada seseorang dengan badan besar tidur di samping istrinya. Ia segera menghunuskan pedang yang siap menerkam orang yang tidur di samping istrinya itu.

Tetapi Ia terlebih dulu mencolek sang istri supaya bangun. “Siapa orang ini? ”

“Ini Fulanah, si tukang sisir. Ia tadi meriasku serta lantaran terlambat pulang, ia bermalam disini, ” jawab sang istri.

Nyaris saja perbuatannya menyebabkan fatal lantaran nyatanya orang itu bukanlah seperti yang Ia sangkakan pada istrinya. Saat pagi hari selesai salat Subuh di masjid, teman dekat ini lalu bercerita pada Rasulullah apa yang dirasakannya tadi malam. Dalam hadist kisah Ahmad Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang berarti :

“Jika salah seseorang dari kalian lama melancong, jangan sampai ia mendatangi istrinya pada malam hari” (HR. Ahmad)

Lantas apa argumen Rasulullah melarang umatnya yang melancong menjumpai istrinya saat malam hari? Dalam kisah yang lain dijelaskan argumennya.

“Jika salah seseorang dari kalian datang saat malam hari jadi jangan sampai ia mendatangi istrinya. (Berilah berita terlebih dulu) supaya wanita yang ditinggal suaminya mencukur bulu-bulu kemaluannya serta menyisir rambutnya” (HR. Muslim)

Berikut sebagai argumen mengapa suami yang pulang dari melancong saat malam hari tak bisa mendekati istri. Lantaran bila suami melancong mendadak sang suami datang saat malam hari, jadi di khawatirkan istrinya tak siap untuk menyambutnya. Umpamanya rambutnya masihlah berantakan, atau bulu-bulu rahasianya masihlah belum tertangani serta baunya begitu tak enak.

Karena itu menurut beberapa ulama, seseorang suami makruh pulang dari melancong dengan cara mendadak pada malam hari, terlebih dengan cara sembunyi-sembunyi. Jikalau sangat terpaksa pulang pada malam hari, disarankan untuk mengemukakan berita lebih dahulu.

Imam An Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim kalau larangan ini berlaku untuk yang melancong lama serta datang mendadak tanpa ada pemberitahuan. Mengenai musafir yang telah memberi tahu terlebih dulu, jadi tak termasuk juga dalam larangan ini.

“Adapun bila safarnya dekat serta istrinya juga menginginkan kehadirannya saat malam hari, ” jelas beliau, “maka pulang malam juga bisa. Demikian halnya bila sudah ada info awal yang menginformasikan kehadirannya pada istri serta keluarganya, hal semacam ini juga tak kenapa. ”

Adapula Imam Asy Syaukani juga menerangkan dalam Nailul Authar mengenai hikmah larangan ini. Menurut dia musyafir yang mendatangi istrinya saat malam hari bakal merasakan istri yg tidak mengerti kehadirannya hingga tak siap-siap menyambutnya.

Kenapa suami butuh menginformasikan kehadiran serta istri butuh menyambutnya dengan rapi dan bersih? Sekianlah Islam mengatur sesuai sama fitrah manusia.

Suami istri yang berpekan-pekan tak berjumpa sudah pasti memendam rasa rindu untuk rasakan kehangatan serta kasih sayang keduanya. Bahkan juga agama Islam juga mensunnahkan untuk mensegerakan terkait sekembalinya suami dari safar (melancong).

Bagaimana dengan keadaan saat ini? Sudah pasti semuanya semakin lebih gampang lantaran tehnologi komunikasi makin mutakhir. Dengan keringanan ini suami mesti terlebih dulu menginformasikan pada istri kapan mereka pulang hingga dapat bersiap-siap menyambutnya dengan dandanan cantik, rapi serta wangi.

Kata Kunci Banyak Di Cari

biodata gaga muhammad,cara mengetahui teman online di line,ciri ciri line diblokir teman,yuki furukawa 2016,lirik lagu yang menyindir teman,lirik lagu menyindir teman,gaga muhammad snapchat,undangan smule 7 hari,jembut net,tutorial gerakan musically,
Loading...
loading...